Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unesa Belajar Jadi PTN-BH dari Universitas Brawijaya

Kompas.com - 07/09/2022, 22:40 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai persiapan menyandang status Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), pimpinan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melakukan kunjungan kerja ke sejumlah perguruan tinggi berstatus PTN-BH.

Salah satu yang dikunjungi yaitu Universitas Brawijaya (UB), Malang pada Selasa (6/9/2022).

Baca juga: Nadiem Makarim Hapus Tes Mata Pelajaran pada Jalur SBMPTN

Kunjungan rombongan yang terdiri dari rektor, seluruh jajaran wakil rektor, dekan, kepala lembaga dan unit selingkung Unesa.

Di UB, tim Unesa disambut Prof. Abdul Hakim (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan UB), Prof. Moch. Sasmito Djati (Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Internasionalisasi UB), dan Dr. Bambang Susilo (Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UB).

Prof. Sasmito mengatakan, awal-awal UB menjadi PTN-BH yang dilakukan pertama kali adalah mengubah mindset, karena sudah menjadi perguruan tinggi yang otonom.

"Siap tidak siap, ya harus siap," kata dia melansir laman UB.

UB juga menata struktur organisasi salah satu yang dimunculkan yaitu wakil rektor V bidang riset dan inovasi. Ini salah satu cara untuk meningkatkan kualitas riset dan menghasilkan banyak inovasi.

"Tata kelola aset termasuk bisnis juga kami tingkatkan," ucap dia.

Baca juga: Dukung Perubahan Jalur SBMPTN, Orangtua: Beban Belajar Siswa Berkurang

Selain itu, fleksibilitas akademik yang melahirkan aturan baru yang berbeda dari sebelumnya, terutama kebijakan akademik, mengubah mindset dan etos kerja dosen, termasuk budaya akademik ke pelayanan prima.

Selain itu memposisikan mahasiswa bukan semata anak didik, tetapi konsumen yang perlu mendapatkan pelayanan prima, dan mempelajari statuta agar sivitas akademika dapat menjalankan PTN BH sebaik-baiknya.

"PTN-BH mengharuskan rektor kerja lebih keras mencapai pakta integritas, dosen dan tendik harus mengubah mindset dari budaya PNS ke budaya korporasi. Mahasiswa diuntungkan karena memperoleh mutu dan layanan serta reputasi yang lebih baik," tutur dia.

Menanggapi hal itu, Rektor Unesa Prof. Nurhasan menyampaikan bahwa pihaknya sengaja membawa seluruh jajarannya untuk menggali best practise tata kelola lembaga di UB yang sudah terlebih dahulu menjadi PTN-BH (2021).

"Ini bisa menjadi acuan bagi Unesa, sehingga nanti sudah punya roadmap yang matang menjalankan PTN-BH," jelas dia.

Dia berharap, dengan kunjungan ini seluruh jajaran Unesa memahami aturan dan kebijakan PTN-BH, terjadi perubahan pola pikir, bisa bekerja lebih produktif sesuai bidang, dan berusaha ikut mewarnai dan menjadi bagian dari kemajuan Unesa satu langkah di depan.

Baca juga: Seleksi Jalur Mandiri PTN Tidak Dihapus, Ini Aturan yang Diubah

"Setelah PTN-BH, nanti Unesa tinggal jalan dan tancap gas," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com