Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Jurusan Kuliah E-Commerce Logistics dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 24/08/2022, 13:31 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memilih dan menentukan jurusan kuliah merupakan hal yang perlu dipertimbangkan saat siswa memasuki perguruan tinggi.

Pasalnya, jurusan kuliah juga menentukan arah karier di masa depan. Oleh karena itu, sebelum menentukan jurusan, kamu perlu mempertimbangkan sejumlah hal, salah satunya mengetahui prospek kerja di masa mendatang. Dengan demikian, kamu lebih fokus dan terarah dalam meraih masa depan yang cerah.

Jurusan e-commerce dan logistik merupakan salah satu bidang yang bisa dipertimbangkan mengingat sektor perdagangan online di Indonesia sedang berkembang pesat.

Kampus Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang membuka jurusan ini. Dirilis dari laman MNP ada empat macam bidang keahlian dan karier yang dapat dipilih dengan berkuliah di jurusan e-commerce logistics.

Baca juga: 5 Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia 2022 dan Biaya Kuliahnya

Prospek kerja menjanjikan jurusan e-commerce dan logistik

Ilustrasi dunia e-commerce dan logistik yang sedang berkembang pesatdok.MNP Ilustrasi dunia e-commerce dan logistik yang sedang berkembang pesat

1. Bidang information technology

Dengan mengambil jurusan e-commerce logistics, kamu akan bertanggung jawab terkait dengan tampilan website dan juga teknis bisnis e-commerce.

Bidang ini memiliki berbagai prospek karier yang bisa kamu pilih yakni web developer e-commerce yang akan membuat dan mengelola website e-commerce, web design and development, dan e-logistic programmer.

Selain itu, ada juga business process and reengineering yang menciptakan kembali proses bisnis, dengan tujuan meningkatkan kualitas produk dan mengurangi biaya yang dikeluarkan.

Baca juga: Pertamina Foundation Buka Lowongan Magang 2022-2023, Segera Daftar

2. Bidang business analyst

Orang-orang yang bekerja di bidang ini biasanya melakukan analisis peluang, prospek bisnis dengan basis data, dan mengaplikasikan pemasaran dalam ranah digital.

Ada berbagai karier yang dapat dipilih seperti marketing specialist yang berhubungan dengan berbagai hal terkait kegiatan pemasaran dan business development specialist yang mencari berbagai peluang agar perusahaan bisa terus bertumbuh, dan menggali berbagai ide.

Kedua hal tersebut membuat kamu dapat membuat bisnis yang menjawab berbagai permasalahan dan memberikan solusi.

Selain itu, ada juga berbagai pekerjaan lain seperti marketing research analyst yang bertugas mengumpulkan data dari berbagai sumber, kemudian memprediksi arah pasar di masa yang akan datang.

Ada juga product lead manager e-commerce yang bertugas memastikan situs e-commerce berjalan lancar, mendengarkan feedback yang diberikan pelanggan, dan memastikan kualitas produk sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

Baca juga: UMN Dorong Lulusan Jadi Wirausahawan Sejati di Era Digital

3. Bidang Warehouse Expert

Dalam bidang warehouse expert, kamu melakukan pengelolaan pergudangan, seperti mempersiapkan persediaan, pendistribusian, dan pengadaan dalam bidang bisnis e-commerce secara efektif dan efisien. Bidang ini juga memiliki beragam prospek kariernya tersendiri.

Kamu bisa menjadi logistics and warehouse manager, serta supply chain manager yang menjadi kunci perpindahan dari barang mentah, sehingga akhirnya bisa dikonsumsi oleh para konsumen. Kamu akan mengelola persediaan sesuai permintaan konsumen, hingga terjun langsung pada pengelolaan pergudangan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com