Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Nasional Gelora Merdeka Belajar 2022 Usung 3 Literasi Penting

Kompas.com - 20/08/2022, 22:15 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia (BKPTKI) menggelar "Festival Nasional Gelora Merdeka Belajar 2022" pada Jumat, 19 Agustus 2022 di Auditorium Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida), Jakarta.

Acara diikuti oleh Ukrida selaku tuan rumah bersama dengan konsorsium 37 perguruan tinggi Kristen yang tergabung dalam BKPTK. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala LLDikti memberikan apresiasi pada Ukrida yang telah berperan aktif menginisiasi pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mandiri.

Salah satunya lewat pertukaran mahasiswa sebagai salah satu bentuk BKP MBKM dengan misi saling membantu meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) nomor dua dari Perguruan Tinggi Swasta yang tergabung dalam konsorsium BKPTKI, di wilayah 3T.

"Festival Nasional Gelora Merdeka Belajar 2022 ini adalah yang pertama dilaksanakan di Indonesia dan diselenggarakan secara mandiri oleh konsorsium Perguruan-Perguruan Tinggi. Semoga berdampak dalam pelaksanaan MBKM di seluruh Indonesia," ujar Paristiyanti.

Tiga literasi penting

Wakil Rektor I Ukrida sekaligus Ketua Badan Kooordinasi Akademik, Penelitian, Pengandian Kepada Masyarakat Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia, Lidia Sandra mengatakan, literasi manusia, digital dan teknologi menjadi tiga hal penting yang diangkat dalam Festival Nasional Gelora Merdeka Belajar 2022.

"Hal itu mengingat saat ini kita memasuki era yang sangat sulit diprediksi. Ketiga literasi ini memegang peran kunci untuk mempersiapkan mahasiswa kita di masa depan," tegas Lidia.

Dengan tagline Lead to Impact, lanjut Lidia Sandra, misi Ukrida bersama BKPTKI adalah terus berkolaborasi saling memajukan perguruan tinggi di Indonesia dalam implementasi MBKM dan peningkatan indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi.

Baca juga: Dukung Merdeka Belajar, Guru Binar Selenggarakan Hari Belajar Online Bertajuk Pelatihan Mandiri

Dalam Festival Nasional Gelora Merdeka Belajar ini diluncurkan pula secara resmi portal MBKM Mandiri Pertukaran Mahasiswa antar 37 PTS. Program pertukaran mahasiswa di 37 PTS ini akan dimulai akhir Agustus 2022.

"Untuk program pertukaran mahasiswa ini, pihak konsorsium telah menyiapkan LMS pendaftaran bagi mahasiswa yang ingin bergabung," lanjut Lidia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com