Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jemimah Indonesian Idol, Lulus dari Undip dengan Predikat Cumlaude

Kompas.com - 30/07/2022, 19:56 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Juanita Jemimah Cita merupakan penyanyi muda yang terkenal dari ajang Indonesian Idol. Tak disangka, dia adalah mahasiwa lulusan Universitas Diponegoro (Undip).

Mahasiswa Fakultas Hukum yang resmi lulus pada Upacara Wisuda ke-167 Undip ini adalah sosok inspiratif bagi generasi muda.

Baca juga: Kisah Haru Ibu Wakili Wisuda S1 di Unesa karena Anaknya Telah Tiada

Sebab, kesuksesannya terlihat saat aktif di dunia entertainment dan bisa mengejar gelar pendidikan di Undip berpredikat cumlaude dengan IPK sebesar 3,57.

Sebagai mahasiswa Fakultas Hukum, Jemimah aktif berpartisipasi dalam banyak kegiatan, antara lain:

  • Delegate for Internal Moot Court Competition dalam Pseudorechtspraak Piala Dekan VII Universitas Diponegoro (2017).
  • Top 8 on Philip C. Jessup International Moot Court Competition National Rounds dalam International Law Students Association (2019).
  • Indonesia’s Exhibition Team for Philip C. Jessup International Moot Court Competition International Rounds dalam International Law Students Association (2019).
  • Delegate for Foreign Direct Investment (FDI) International Arbitration Moot dalam Center for International Legal Studies (2020).

Selain itu, Jemimah aktif dalam organisasi BEM FH Undip pada tahun 2017, UKM Pseudorechtspraak FH Undip, dan UKM tingkat Fakultas yakni Kelompok Riset dan Debat FH Undip.

Lulusan Undip angkatan 2017 ini juga mengikuti program Legal Intern di Sekretariat ASEAN pada tahun 2020 dan Legal Intern di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2021.

Baca juga: Pakar UGM: Penularan Cacar Monyet Bisa Lewat Wadah Ini

"Timeline hidup jadi mundur karena banyak kegiatan, tapi sebisa mungkin bertanggung jawab dengan langkah yang sudah diambil," ucap Jemimah melansir laman Undip, Sabtu (30/7/2022).

Dia mengaku, mengikuti organisasi hukum sesuai jurusan kuliah memberikannya banyak pengalaman, seperti brainstorming, belajar cara mengambil keputusan, dan cara berpikir.

Dia juga berpengalaman menjadi Liaison Officer (LO) yang terkait dengan exchange student dan visitation.

"Dari situ saya bertemu banyak orang, termasuk komunitas internasional dan kemudian saya menyadari pentingnya komunikasi dalam kehidupan," ungkap Jemimah.

Ikut Indonesian Idol sambil kuliah di Undip

Di sela kesibukannya sebagai mahasiswa, Jemimah memulai kariernya di dunia musik pada ajang Indonesian Idol musim ke-11 yang ditayangkan RCTI pada 2021.

Dia berhasil menempati posisi ke-5 dan kini telah memiliki single lagu berjudul "Separuh".

Baca juga: Tambah 13, Kini Unpad Miliki 200 Guru Besar

Penampilannya yang memukau pada ajang Indonesian Idol, itu membuktikan kesuksesan harus bisa digapai dengan usaha keras.

Jemimah bercerita, dia mengikuti kompetisi Indonesian Idol saat semester 7, pada saat itu pula harus bisa membagi waktu dengan kuliah.

Untungnya, dia sudah mengatur mindset, bahwa pendidikan sangat penting bagi hidupnya. Sehingga, dia tidak mau menunda studinya dalam waktu lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com