Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Sekolah, Ini 7 Rekomendasi Tempat Liburan Edukatif untuk Anak

Kompas.com - 18/06/2022, 11:30 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Penerapan protokol kesehatan yang semakin baik di sejumlah ruang publik, serta percepatan vaksinasi Covid-19, membuat banyak orangtua kini merasa aman mengajak anak beraktivitas di luar rumah.

Rencana Pertemuan Tatap Muka 100 persen di Tahun Ajaran Baru pun kian memungkinkan anak bisa kembali belajar di banyak tempat.

Kondisi yang terkendali menjadi kesempatan emas bagi para orangtua untuk mengunjungi ruang publik seperti tempat liburan, yang dapat mengenalkan anak pada lebih banyak kegiatan di luar rumah yang menarik dan edukatif.

Saat ini, sudah banyak pilihan tempat liburan yang aman dan nyaman bagi anak, karena sudah menerapkan protokol kesehatan dengan efektif dan baik.

Baca juga: Sambut Tahun Ajaran Baru, Gramedia Beri Diskon 50 Persen Perlengkapan Sekolah

Berikut adalah rekomendasi tempat liburan yang seru dan aman untuk anak di masa pandemi:

1. Edutainment Park

Edutainment Park dapat menjadi salah satu pilihan bagi keluarga untuk menjadi tempat liburan anak yang aman, dengan fasilitas protokol kesehatan yang cukup lengkap.

Edutainment merupakan metode pembelajaran yang memadukan antara pendidikan dengan hiburan, sehingga akan membuat proses pembelajaran anak menjadi menyenangkan.

Edutainment menggunakan beberapa konsep belajar yang efektif, seperti menggunakan demonstrasi, penggunaan multimedia, dan metode bermain peran (role-play).

Beberapa lokasi edutainment park yang dapat dikunjungi, di antaranya Kidzania, Brick4kidz, Kitchen Magic, Miniapolis, dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga: E-Book atau Buku Cetak, Mana yang Lebih Baik untuk Anak?

2. Planetarium dan observatorium

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh anak ketika mereka mempelajari astronomi. Maka dari itu, planetarium dan observatorium menjadi salah satu tempat liburan yang sangat bagus untuk keluarga.

Melihat dan mempelajari fenomena semesta alam, merupakan hal yang menakjubkan sekaligus mengasyikkan.

Rasa ingin tahu mereka yang besar, akan terpenuhi dengan menjelajahi secara langsung berbagai macam pengetahuan, seperti terciptanya matahari sebagai pusat tata surya, terbentuknya bumi, serta planet lainnya.

Di Indonesia, sudah banyak observatorium dan planetarium yang sangat seru dana man untuk dikunjungi anak sebagai tempat liburan, dengan fasilitas protokol kesehatan yang memadai.

Beberapa di antaranya adalah observatorium Bosscha, Planetarium dan observatorium Jakarta, Planetarium Taman Pintar Yogyakarta, serta banyak yang lainnya.

Baca juga: Belajar dari Orangtua Jepang Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

3. Kebun Binatang

Kebun binatang juga menjadi salah satu tempat liburan favorit dan aman, yang dapat dipilih sebagai destinasi liburan keluarga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com