Kompas.com - 18/06/2022, 09:57 WIB

KOMPAS.com - Saat memilih kuliah di luar kota, tentu tak hanya memikirkan berapa Uang Kuliah Tunggal (UKT) saja.

Namun, pikirkan pula biaya hidup yang akan kamu keluarkan. Biaya hidup memang komponen yang berbeda dari UKT atau biaya-biaya kuliah sejenisnya. Jika biaya kuliah terkait dengan pihak universitas, biaya hidup lebih dipengaruhi oleh harga-harga di suatu kota atau wilayah.

Lantas, di kota manakah biaya hidup yang terhitung murah saat ini? Ini daftarnya dilansir dari laman Akupintar.

1. Yogyakarta

Siapa yang tak kenal dengan kota pelajar di Indonesia ini?

Biaya hidup yang sangat terjangkau membuat Yogyakarta menjadi kota idaman mahasiswa. Kamar kos di kota ini berkisar antara Rp 300.000 – Rp 2 juta per bulan, tergantung fasilitasnya. Sedangkan harga sewa kontrakan berkisar Rp 7,5 per tahun. Atau lebih, tergantung lokasi.

Baca juga: Segini Kisaran Biaya Hidup dan Kos Mahasiswa di Yogyakarta

Sepiring nasi seharga Rp 10 ribu sudah cukup mengenyangkan perut. Untuk menu sederhana, biaya makan sehari cukup berkisar Rp 30 ribu. Dengan budget yang terbatas, mahasiswa Yogyakarta dapat bertahan hidup kurang lebih Rp 1,5 juta sebulan di kantongnya.

Ingin jadi mahasiswa dari universitas negeri di Yogyakarta?

Ada Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, ISI Yogyakarta, dan UPN Veteran Yogyakarta. Tak ketinggalan, masih ada kampus swasta seperti Universitas Sanata Dharma, Universitas Islam Indonesia, ataupun Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

2. Solo

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.