Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jurusan Kedokteran Terbaik Indonesia QS WUR, Intip Biaya Kuliahnya

Kompas.com - 13/06/2022, 10:39 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan dunia Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) kembali merilis peringkat universitas top dunia sesuai bidang ilmu melalui QS World University Rankings by Subject 2022.

Sejumlah Perguruan Tinggi Indonesia masuk dalam pemeringkatan, seperti dalam pemeringkatan untuk Bidang Ilmu Kedokteran.

Peringkat Universitas Dunia QS WUR by Subject dilakukan berdasarkan pada reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, dan dampak penelitian.

Di tahun 2022, peringkat Universitas Dunia QS berdasarkan Subjek mencakup 51 mata pelajaran yang berbeda.

Baca juga: 8 Perguruan Tinggi BUMN Buka Beasiswa 2022, Bebas Biaya Kuliah

Berikut daftar PTN dengan bidang ilmu kedokteran terbaik 2022 versi QS World University Rankings by Subject 2022, dilansir dari laman Topuniversities:

1. Universitas Indonesia

Peringkat dunia: 201-250
H-index Citations: 52
Citations per Paper: 75,6
Academic Reputation: 67,3
Employer Reputation: 70,4

Universitas Indonesia (UI) telah mengumumkan pembukaan Jalur Mandiri 2022 melalui portal resmi Penerimaan UI. Bagi kamu calon mahasiswa yang ingin masuk UI jenjang D3 maupun S1 melalui jalur mandiri, bisa melakukan pendaftaran dan mempersiapkan diri.

Pendaftaran jalur mandiri Universitas Indonesia (UI) yakni Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) resmi dibuka mulai Selasa (24/5/2022). Program pendidikan yang dibuka pada SIMAK UI mulai dari Program Vokasi, Sarjana (S1) Reguler, Sarjana (S1) Kelas Paralel.

Fakultas Kedokteran merupakan unit tertua dalam lintas sejarah UI. Kini, FKUI terus mengembangkan diri melalui pendidikan yang telah disesuaikan dengan Program Standar Internasional, yang ditetapkan oleh Federasi Pendidikan Kedokteran Dunia.

Baca juga: KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN-PTS 2022 Dibuka, Kuliah Gratis sampai Lulus

Program studi kedokteran hanya dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50 persen dari jalur undangan yaitu SNMPTN, dan 50 persen dari jalur ujian tulis yaitu SBMPTN dan SIMAK-UI.

Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000.

Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

UI menggunakan Uang Kuliah Tunggal atau UKT sebagai sistem pembayaran di mana mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan program studi dan tidak dikenakan lagi biaya per SKS.

Info resmi https://www.ui.ac.id/program-studi/kedokteran/ 

2. Universitas Gadjah Mada

Peringkat dunia: 401-450
H-index Citations: 32,5
Citations per Paper: 60,4
Academic Reputation: 63,5
Employer Reputation: 67,8

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com