Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Lingkungan Hidup, Ecoxyztem dan Uni Eropa Perkuat Ecoprenuer lewat Kampus

Kompas.com - 07/06/2022, 13:16 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (5/6/2022), Ecoxyztem Venture dan Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia menggelar Talkshow and Kick-Off Climate Innovation League bertajuk "Escalating Ecopreneurs to be the Catalyst of Green Economy Transition".

Sebagai informasi, program kolaborasi Climate Innovation League bertujuan mencetak lebih banyak pelaku wirausaha hijau atau ecopreneurs sehingga dapat membantu mempercepat laju transformasi ekonomi dan gaya hidup masyarakat yang lebih berkelanjutan.

Program tahun ini mengajak generasi muda mengembangkan inovasi bisnis yang terbagi menjadi empat sektor yaitu: transportasi berkelanjutan dan energi terbarukan, ekonomi sirkular dan penggunaan sumber daya bertanggung jawab, pembangunan lingkungan berketahanan dan transisi industri hijau, dan terakhir manajemen pelaporan dan pendanaan iklim.

Program Climate Innovation League dibuka secara resmi oleh perwakilan Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, perwakilan Universitas, dan Ecoxzytem.

“Dalam peta jalan Kesepakatan Hijau Uni Eropa atau EU Green Deal, negara-negara di Eropa akan menargetkan untuk mencapai climate-neutral pada tahun 2050 melalui transformasi ekonomi," ungkap Henriette Faergemann, First Counsellor-Environment, Climate Action, ICT di Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam.

"Hal ini dilakukan secara bersamaan dengan proses pembangunan yang berkelanjutan dengan partner internasional, khususnya pemerintah dan masyarakat Indonesia, untuk bersama-sama secara kolaboratif mendorong aksi iklim global,” tambah Henriette.

“EU Green Deal terbentuk atas dorongan untuk mengembangkan kehidupan dan kesehatan yang lebih baik dan berkelanjutan untuk masyarakat luas, generasi penerus, dan pembangunan ekonomi yang lebih bertanggung jawab terhadap bumi,” lanjut Henriette.

Kampanye ke kampus Indonesia

Lebih jauh Henriette menjelaskan, Climate Innovation League akan membuka pendaftaran mulai tanggal 6 Juni hingga 8 Juli 2022 dengan mengkampanyakan gerakan ini ke kampus-kampus di Indonesia, khususnya yang berada di luar pulau Jawa.

Baca juga: 6 Cara Melestarikan Lingkungan, Penting Diketahui Siswa

Dalam kesempatan sama, Cindy R Priadi, Kepala Program Studi Lingkungan Universitas Indonesia juga memandang pentingnya program inkubasi Climate Innovation League untuk dilakukan ke kampus-kampus di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com