Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih 2 Medali Juara Berkuda Internasional, Aan: Harus Kuat Mental

Kompas.com - 24/04/2022, 10:14 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Muhammad Akbar Kurniawan, siswa kelas 12/IPA SMAI Al-Azhar Kelapa Gading (Alazka) Jakarta, meraih dua medali dalam kejuaraan berkuda internasional di Jerman.

Atlet berkuda yang akrab disapa Aan ini meraih medali emas Nomor 19 Springprufung KI.L di kejuaraan Aachen-Soers dan meraih medali perak Nomor 05 Springprufung KI.L (1,15 m).

"Alhamdulillah saya pastinya bersyukur bisa menjuarai event international di Jerman," ungkap Aan melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com (23/4/2022).

"Tantangannya adalah seperti mental harus kuat dan juga kita harus percaya diri agar kuda kita juga percaya diri, dan untuk negara yang paling kuat pastinya dari Jerman itu sendiri, " jelas Aan.

Rencana ke depan ia akan latihan lebih giat lagi untuk meningkatkan performa bersama kuda kuda yang ia naiki, karena jumlah pertandingan international khususnya di Jerman itu banyak sekali dan tingkat persaingan sangat ketat.

"Jadi saya harus lebih giat dan fokus dalam berlatih. Di saat jam latihan saya akan tetap fokus latihan, sesudah latihan atau sebelum latihan jika ada waktu untuk mengikuti belajar daring, saya akan belajar dan selanjutnya latihan," ujar Aan.

"Alhamdulillah selama ini sekolah saya SMAI Alazka selalu mensuport dan kami selalu mencocokkan waktu agar saya tetap bisa belajar walaupun lewat daring," tambahnya.

Menjadi rider professional

Menyinggung cita cita ke depan Aan berharap dapat menjadi Rider Profesional. "Cita cita saya pastinya ingin menjadi Rider Professional yang bisa membawa nama Indonesia," ungkapnya.

"Harapannya semoga ke depannya lebih baik lagi terutama dalam pembinaan dan apresiasi teman teman atlet serta lebih banyak kesempatan untuk bisa latihan dan bertanding di luar indonesia," tambahnya.

Baca juga: 4 PTN yang Sedang Buka Jalur Rapor dan Jalur Prestasi 2022

Yohana, orangtua Aan berharap putranya tetap rendah hati dan tidak sombong. "Harapan saya sebagai orangtua adalah Aan tetap konsisten dan tetap semangat walau harus jauh dari kami
Tetap rendah hati, tidak sombong ...," pesan Yohana.

"Untuk teman- teman. Aan semangat juga, bahwa tidak ada yang tidak mungkin segala sesuatu jika diperjuangkan, Bismillah. Allah akan kasih jalan dan Insya Allah berhasil," tambah Yohana.

Yohana juga menyimpan harapan, Aan mampu mewujudkan cita-citanya ."Harapan kami Aan bisa meraih cita-cita dan mimpi-mimpinya ,bisa mengharumkan bangsa dan negara," Unjar Yohana.

Yohana menyampaikan, selama di Jerman sejak Februari hingga April dan saat memasuki Ramadan Aan dan dirinya tidak mengalami kendala berarti.

"Alhamdulillah selama di Jerman untuk ibadah tidak ada masalah, puasa tetap jalan seperti biasa walaupun waktunya lebih panjang," tambah Yohana.

Pihak sekolah melalui Ketua Pelaksana Harian Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading Irsan Nurfaqih memberikan apresiasi atas raihan prestasi siswanya.

“Ananda Aan (Muhammad Akbar Kurniawan) merupakan role model bagi generasi milenial Indonesia," ungkap Irsan Nurfaqih.

"Kedisiplinannya dalam berlatih menjadikan prestasi yang membanggakan bagi Indonesia dan kedisiplinanya dalam pengelolaan waktu untuk belajar jarak jauh melalui aplikasi MyAlazka menjadikannya tetap memiliki prestasi akademik," ujar Irsan.

Baca juga: Universitas Brawijaya Buka Jalur Prestasi 2022: Syarat dan Cara Daftar

"Pendidikan di lingkungan Al-Azhar Kelapa Gading," lanjut Irsan, "sangat memperhatikan potensi-potensi yang dimiliki oleh siswanya, termasuk potensi dibidang olah raga, seperti Ananda Aan (Muhammad Akbar Kurniawan) ini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com