Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Mau Usahanya Banyak Cuan? Cek 5 Tips Penting Ini

Kompas.com - 24/04/2022, 09:17 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menentukan harga sebuah produk atau jasa oleh perusahaan memang tidak mudah.

Butuh aturan dan strategi supaya produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen dapat diterima secara tepat.

Bagi pebisnis pemula, ada tips penting membangun usaha dari Revenue Manager Bukit Vista, Bela Christina.

Ia mengatakan, ada istilah revenue management atau mengatur harga yang telah ditetapkan oleh perusahaan atas produk atau jasa yang sedang dijalankan.

“Harga ditentukan dari adanya interaksi antara orang-orang yang menjual dan membeli barang. Sehingga harga tidak serta merta asal ditentukan dengan ngasal saja. Tetapi ditentukan atas adanya keseimbangan harga dari pembeli dan juga penjual,” ujar Bela dilansir dari laman Universitas Airlangga (Unair) saat mengisi webinar yang digagas oleh DPKKA Unair.

Baca juga: Ekonom Unair Menilai Kebijakan Bantuan Subsidi Upah Kurang Tepat

Di perusahaan besar, ada seorang revenue manager untuk mempertimbangkan kesesuaian harga berdasarkan keseimbangan kedua belah pihak, yakni pembeli dan penjual.

Namun, untuk memudahkan kamu yang sedang merintis usaha atau sedang dalam tahap membangun usaha ada lima proses penting yang tak boleh dilewatkan dalam menentukan harga produk atau jasa.

Analisis pendahuluan

Pertama, Bela menjelaskan perlunya preliminary analysis atau analisis pendahuluan. Proses ini dilakukan dengan memahami target dari konsumen jasa atau produk yang ditawarkan perusahaan.

"Pada tahapan ini harus memperhitungkan kapan dapat meningkatkan penjualan serta memikirkan strategi penjualan apabila market atau pasar sedang sepi," kata dia.

Kemudian mengetahui competitive analysis. Sebagai seorang revenue management harus dapat memahami kebutuhan masyarakat dan menerapkan harga yang sesuai dengan target konsumen atau pasar.

Selanjutnya seasonality, yakni dengan memahami pola-pola dalam bisnis agar lebih mudah menentukan strategi bisnis sesuai waktu yang tepat.

Peramalan

Tips Kedua yakni forecasting atau peramalan. Proses ini menurut Bela dilakukan dengan mengetahui data-data sebelumnya dan masa kini yang telah dikumpulkan. Step ini akan lebih memudahkan untuk melakukan peramalan strategi bisnis ke depannya.

Baca juga: Puluhan Sapi Mati di Laut Sampang, Pakar Unair Sebut 2 Penyebabnya

Perusahaan harus memahami ekspektasi dengan memperhitungkan antara tujuan dan target yang telah ditentukan.

Kemudian, menentukan segmentasi dari konsumen dan membangun parameter akan lebih mudah untuk mencapai target.

Strategi harga

Hal ketiga adalah pricing strategy. Dia menjelaskan, setelah mengetahui tujuan dan target konsumen atas produk maupun jasa perusahaan, seorang revenue manager harus dapat mengetahui kapan menentukan harga yang baik untuk waktu yang tepat dan sebaliknya.

Pada tahap ini dapat pula dilakukan strategi meningkatkan penjualan, salah satunya memberikan diskon atau potongan harga spesial di waktu-waktu tertentu.

Strategi pengendalian

Keempat, control strategy dengan melakukan pengecekan secara berkala atas produk atau jasa maupun memaintance usaha yang sudah dijalankan.

Evaluasi kinerja

Kelima, performance review, yakni melakukan evaluasi dan monitoring atas strategi yang telah dilakukan, apakah masih relevan dan sesuai atau tidak.

Baca juga: Mahasiswa, Ini Lho Manfaat Menabung Sejak Dini

Selain itu, evaluasi dapat meningkatkan hal-hal yang dirasa dapat meningkatkan profit atau tujuan di masa yang akan datang agar perusahaan semakin berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com