Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Cari Kerja

Kompas.com - 23/04/2022, 14:31 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mencari pekerjaan kini tidak mudah. Sebab, ada banyak pelamar yang juga sedang mencari pekerjaan. Apalagi bagi para lulusan SMA atau SMK.

Meski demikian, sekarang masih banyak lapangan kerja yang membutuhkan lulusan SMA/SMK. Sebab, lulusan tersebut juga memiliki bakat, keterampilan dan keahlian yang tak kalah dengan lulusan Sarjana.

Maka, pergunakan segala waktu dan tenagamu untuk mencari kerja yang sesuai dengan keahlianmu. Tapi, selama mencari kerja, hindarilah melakukan hal-hal ini jika tidak ingin kecewa atau berujung sia-sia.

Baca juga: Ini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar

Melansir laman KitaLulus, ini 6 hal yang harus dihindari saat mencari kerja:

1. Coba hindari lowongan kerja dari calo

Seorang calo pasti ada di mana-mana yang menawarkan jasanya agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan. Namun mereka mensyaratkan kamu untuk membayar sejumlah uang dan menahan ijazah sebelum kamu benar-benar diterima kerja.

Selain itu, biasanya lowongan dari calo ini menawarkan berbagai keuntungan yang tidak wajar bila kamu perhatikan baik-baik.

Jika kamu menemukan hal seperti ini, sebaiknya jangan langsung tergiur, karena hal seperti ini rawan sekali penipuan. Pada akhirnya ini hanya akan merugikan kamu. Pekerjaan tidak dapat, uang bisa melayang.

2. CV yang biasa saja

Jika kamu ingin curriculum vitae (CV) dilirik HRD, maka buatlah CV semenarik mungkin. Jika tampilannya biasa saja, maka kamu akan kalah dengan pelamar lainnya

Maka, CV bisa menjadi nilai tambah kamu di mata HRD, jika misalnya dibandingkan dengan pelamar lain yang punya pengalaman dan keahlian sama, tetapi kamu mampu membuat CV lebih kece dan kreatif, maka HRD akan tertarik denganmu.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Pabrik

Dengan CV yang bagus, setidaknya kamu bisa satu langkah lebih maju dibanding pelamar lainnya. Tidak ada salahnya kamu memanfaatkan berbagai template membuat CV atau membuat CV di aplikasi.

3. Hanya dari satu sumber

Ketika mencari pekerjaan, maka kamu jangan hanya mengandalkan satu sumber saja. Manfaatkan sumber lainnya baik dari internet, pertemanan, koran, dan lainnya untuk mencari lowongan pekerjaan.

Ini akan sangat penting untuk membuka kesempatan kamu selebar-lebarnya menemukan lowongan kerja terbaik. Jadi pastikan kamu mencari kerja dari berbagai sumber.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com