Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Unair Ungkap 3 Faktor Penyebab Ginjal Kronis di Indonesia

Kompas.com - 28/03/2022, 11:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pakar Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Prof. Mochammad Thaha, dr., PhD., SpPD-KGH., FINASIM., FACP., FASN., menyatakan bahwa ada tiga faktor utama penyakit ginjal kronis di Indonesia. Apa saja itu?

Sebelumnya, dosen FK Unair ini menjelaskan bahwa setiap tahun kasus kematian karena penyakit ginjal di seluruh dunia mengalami peningkatan.

Ia memperkirakan bahwa penyakit ginjal diproyeksikan akan menjadi 5 penyebab kematian tertinggi di dunia pada tahun 2040 mendatang.

Baca juga: Dosen FK Unair Ini Jadi Gubes Neuroanatomi dan Neurosains Perempuan Pertama di Indonesia

Setidaknya 10 persen populasi dunia menderita penyakit ginjal kronis, dan diperkirakan 9 dari 10 penderita tersebut tidak menyadari akan bahaya penyakit yang diidapnya.

Pentingnya literasi kesehatan ginjal

Dalam hal ini, sebuah literasi merupakan hal penting yang harus ditekankan. Tema hari ginjal sedunia pada tahun ini bertujuan untuk memberikan arahan menyeluruh mengenai edukasi dan literasi kesehatan ginjal, mengingat angka kematian akibat penyakit tersebut semakin meningkat.

Hari ginjal sedunia menjadi momentum untuk menciptakan akses yang terjangkau dan merata mengenai penyuluhan kesehatan, perawatan, dan pencegahan penyakit ginjal bagi semua lapisan masyarakat.

"Kesehatan ginjal tentunya berlaku untuk siapa saja dan berlaku dimana saja, mulai pencegahan sampai deteksi dini serta pemerataan akses pelayanan," ujarnya dikutip dari laman Unair, Senin (28/3/2022).

Menurutnya, penyakit ginjal umumnya tidak bergejala sehingga tidak mudah untuk memahami penyakit ini. Akibatnya banyak orang yang tidak mengetahui kapan harus bertindak dan mencari pertolongan medis, mengingat tanda dari datangnya penyakit tidak dapat dilihat dan diraba.

Baca juga: Dokter RSA UGM: Lakukan Ini jika Merasa Greges

"Dalam hal ini, kesadaran untuk bertindak akan meningkat melalui literasi kesehatan," tambahnya.

Penyebab ginjal kronis

Untuk itu, ia menjelaskan tiga faktor risiko utama terkait penyakit ginjal kronis khususnya di Indonesia, yaitu:

Ketiganya sangat mempengaruhi terancamnya kesehatan ginjal.

1. Hipertensi

Ia menyebutkan bahwa hipertensi memiliki nilai rerata prevalensi sebesar 34,1 persen pada 34 provinsi, dengan nilai prevalensi per provinsi terendah sebesar 22,2 persen dan prevalensi tertinggi sebesar 44,1 persen.

Baca juga: Tips Olahraga yang Tepat Saat Pandemi dari Stikes Panti Kosala

2. Obesitas

Tak hanya itu, obesitas juga memiliki nilai rerata prevalensi sebesar 21,8 persen pada 34 provinsi, dengan nilai prevalensi per provinsi terendah sebesar 10,3 persen dan prevalensi tertinggi sebesar 30,2 persen.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com