Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan SNMPTN 2022 Diumumkan? Catat Tanggal dan Cara Melihat Hasilnya

Kompas.com - 26/03/2022, 17:21 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini tahapan pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022 masih berlangsung.

Namun bagi siswa yang beberapa waktu lalu mendaftar jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tinggal menunggu hari lagi menunggu pengumuman.

Sesuai jadwal yang diberikan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pengumuman SNMPTN 2022 akan diumumkan di laman resmi LTMPT pada Selasa 29 Maret 2022 pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Cerita Tiara, Wisudawan Termuda ITS Lulus Sarjana di Usia 19 Tahun

Pengumuman SNMPTN 2022 di laman utama dan mirror

Selain itu siswa juga bisa mengecek pengumuman di laman mirror yang sudah disediakan. Begini pengumuman resmi LTMPT di akun Instagramnya.

"Halo Calon Mahasiswa Indonesia!

Salah satu momen yang paling ditunggu akhirnya datang juga, yaitu Empat Hari lagi HASIL SNMPTN 2022 akan diumumkan.

Pengumuman dapat diakses pada 29 Maret 2022 mulai pukul 15.00 WIB melalui laman Utama dan laman Mirror yang akan diumumkan kemudian.

Persiapkan diri untuk hasil apapun yang diterima nanti. Semoga hasil yang diterima dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk menjadi individu yang lebih baik dan memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan negara.

Tetap semangat dan selamat berjuang, Calon Mahasiswa Indonesia!

Bagaimana, Sudah Siap jadi Mahasiswa Indonesia?," tulis admin LTMPT seperti dikutip Sabtu (26/3/2022).

Baca juga: Harga Elpiji Naik, Pakar Unair: Perlu Operasi Pasar Berkala

Yang perlu diingat siswa yang dinyatakan lolos SNMPTN 2022 harus melakukan daftar ulang di perguruan tinggi yang dinyatakan diterima dan mengikuti ketentuan di PTN tersebut.

Direktur Eksekutif LTMPT Prof. Budi P Widyobroto menekankan, siswa yang diterima di jalur SNMPTN 2022 meski diizinkan memilih 2 program studi harus daftar ulang jika dinyatakan lolos.

Apabila sudah diterima jalur SNMPTN 2022 namun tidak daftar ulang karena tidak menyukai prodi pilihannya, secara otomatis tidak bisa diizinkan mendaftar UTBK SBMPTN 2022.

"Jika tidak mendaftar UTBK SBMPTN 2022, tidak punya nilai UTBK. Padahal banyak perguruan tinggi banyak yang mengharuskan punya nilai UTBK bagi yang mendaftar di jalur Mandiri," urai Prod. Budi seperti dikutip dari kanal YouTube LTMPT.

Bagi siswa yang sudah mendaftar SNMPTN 2022, jangan lupa nantikan pengumuman hasilnya pada Selasa 29 Maret 2022 pukul 15.00 WIB.

Namun jika tidak lolos pada jalur SNMPTN 2022, siswa jangan berkecil hati karena masa depanmu tidak hanya ditentukan lolos atau tidaknya di SNMPTN 2022.

Baca juga: Kimia Farma Grup Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1, Buruan Daftar

 

Selain melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN), kamu masih bisa melanjutkan di perguruan tinggi swasta yang memililki kualitas tak kalah bagus dengan kampus negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com