Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perguruan Tinggi BUMN Buka Pendaftaran 2022, Pertamina hingga PLN

Kompas.com - 23/03/2022, 10:30 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Selain Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian atau Lembaga Pemerintah, sejumlah Perguruan Tinggi BUMN juga bisa menjadi pilihan lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Melansir laman Aliansi Perguruan Tinggi Berbasis Badan Usaha Milik Negara (Aperti BUMN), ada 9 Perguruan Tinggi BUMN yang bisa menjadi pilihan calon mahasiswa. Melalui Aperti BUMN, sejumlah perguruan tinggi tersebut juga membuka kesempatan beasiswa setiap tahunnya, yakni:

  1. Universitas Pertamina
  2. Telkom University
  3. Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia
  4. Institut Teknologi PLN
  5. Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  6. Universitas Internasional Semen Indonesia
  7. IT Telkom Surabaya
  8. Politeknik Pos Indonesia
  9. BRI Institute

Baca juga: Biaya Kuliah S1 UGM Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri

Dari daftar tersebut, ada lima perguruan tinggi BUMN yang kini membuka pendaftaran mahasiswa baru 2022 dan menawarkan kesempatan beasiswa.

1. Universitas Pertamina

Universitas Pertamina merupakan kampus di bawah naungan PT Pertamina (Persero) yang berlokasi di Jakarta. Memiliki 6 Fakultas dan 15 Program Studi.

Saat ini, Universitas Pertamina sedang membuka pendaftaran Ujian Masuk Online dan Seleksi Nilai Rapor (tanpa tes) untuk Tahun Akademik 2022/2023. 

2. Telkom University

Telkom University di bawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Ada 7 Fakultas dan 30 Program Studi.

Saat ini, Telkom University tengah membuka Jalur Beasiswa 2022. Jalur Beasiswa adalah jalur seleksi beasiswa yang dibuka untuk seluruh siswa/i SMA/SMK/MA di Indonesia.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Universitas Indonesia di SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri

3. Institut Teknologi PLN

Perguruan Tinggi di bawah naungan PT PLN yang berlokasi di Jakarta ini memiliki 7 Program Studi.

Saat ini, Institut Teknologi PLN (IT PLN) membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Seleksi Rapor (Sera) 2022 Gelombang kedua.

4. Politeknik Pos Indonesia

Politeknik Pos Indonesia di bawah naungan PT Pos Indonesia berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Memiliki 4 Program Studi Diploma 4 dan 5 Program Studi Diploma 3.

Bagi calon mahasiswa yang mendaftarkan diri di Jalur Rapor, berkesempatan mendapatkan Potongan DPP hingga 100 persen dan beasiswa di setiap semesternya.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Segera Daftar

5. Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia

Stimlog merupakan perguruan tinggi di bawah naungan PT Pos Indonesia yang berkedudukan di Bandung, Jawa Barat dan memiliki 2 Program Studi.

Sama seperti Politeknik Pos Indonesia, Bagi calon mahasiswa yang mendaftarkan diri di Jalur Rapor, berkesempatan mendapatkan Potongan DPP hingga 100 persen dan beasiswa di setiap semesternya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com