Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Kesehatan UM Surabaya: Ini Gejala Anak Terkena Omicron

Kompas.com - 19/02/2022, 14:18 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 pada anak-anak melonjak drastis pada awal Januari 2022. Ditemukan 324 kasus hingga 7 Februari 2022 meningkat 1.000 persen hingga di angka 7.190 yang menunjukkan anak-anak positif Covid-19.

Kenaikan ini, juga membuat potensi penularan Omicron terbuka lebar. Sehingga orangtua harus mewaspadai dan tidak menyepelekan masalah kesehatan serta mengetahui cara pencegahan penularan Covid-19 varian Omicron pada anak.

Baca juga: Orang Tua, Ini Cara Aman Memilih Mainan dan Tempat Bermain Anak-anak

Ciri-ciri gejala Omicron pada anak

Pakar kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) sekaligus dosen spesialis anak Fakultas Kedokteran (FK), Gina Noor Djalilah menjelaskan ciri-ciri gejala Covid-19 pada anak relatif mirip flu karena penyakit ini menyerang saluran pernapasan bagian atas.

“Gejala pada anak yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron yang dilaporkan diantaranya demam, batuk, batuk mengonggong dengan suara parau, pilek, nyeri tenggorokan, ruam hingga diare,” urai Gina dilansir dari laman UM Surabaya.

Orangtua jangan terlalu panik. Langkah awal berikan obat penurun demam, berikan minum yang banyak dan kenali gejala anak yang harus di bawa ke rumah sakit, agar segera bisa dilakukan swab antigen terlebih dahulu.

Gina menegaskan gejala lain yang perlu diwaspadai antara lain adalah anak tidak mau minum sama sekali sehingga jarang buang air kecil.

Baca juga: Cara Orangtua Mengenalkan Profesi pada Anak-anak

Kemudian anak mengalami kejang, sesak napas, muntah yang terus menerus, diare yang terus menerus, kasadaran pada anak mulai berkurang sehingga anak lemas terkesan tidur terus.

“Ketika gejala tersebut ditemukan, orang tua segera melakukan penanganan dengan membawa anak ke rumah sakit agar segera dilakukan telekonsultasi untuk pengobatannya,” imbuh Gina.

Cara mencegah Omicron pada anak

Gina Noor Djalilah memberikan tips kepada orang tua tentang pencegahan Covid-19 varian Omicron.

Pertama yang dapat dilakukan adalah tidak membawa anak ke keramaian seperti mall pusat perbelanjaan, bioskop, tempat keramaian yang tertutup.

Jangan lupa untuk tidak mencium anak setelah dari luar rumah, tidak memperbolehkan anak dicium orang lain.

Baca juga: Orangtua, Ini 6 Cara Edukasi Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak

Lalu, segera melengkapi vaksinasi Covid-19 dua dosis dengan interval 4 minggu pada anak usia 6-11 tahun sesuai dengan anjuran pemerintah, tetap tenang dan semangat untuk sehat.

“Pandemi belum berakhir, tetap ketat prokes dengan menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas dan segera melengkapi vaksinasi Covid-19,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com