Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Jakarta untuk Indonesia, LLDikti Wilayah III Luncurkan "5 Klinik Dikti Monas"

Kompas.com - 18/02/2022, 21:25 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIkti) Wilayah III DKI Jakarta meluncurkan lima "Klinik Dikti Monas" sebagai bentuk adaptasi dan transformasi peningkatan layanan pendidikan tinggi, terutama di tengah masa pandemi Covid-19.

“Pandemi malah membawa transformasi dalam penggunaan teknologi, yaitu pembelajaran secara daring bagi warga kampus," ungkap Kepala LLDikti Jakarta Paristiyanti Nurwardani dalam seremoni peluncuran yang digelar secara daring pada Kamis, 17 Februari 2022.

"Terlepas dari kendala yang dihadapi, insan pendidikan tinggi justru beradaptasi dengan sangat cepat. Pembelajaran daring mendorong kemampuan mahasiswa menjadi independent learner, yang menjadi kompetensi penting di abad ini," tegas Paris.

Dalam kesempatan tersebut, Paris menjelaskan dalam upaya mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi warga kampus, khususnya dalam masa pandemi ini, LLDikti Jakarta meluncurkan fasilitasi layanan dalam bentuk klinik-klinik bertajuk "Monas" yang merupakan akronim dari Melayani, Optimal, Integritas, Amanah dan memberi Solusi.

Dalam acara yang dihadiri 300-an pimpinan perguruan tinggi di wilayah DKI Jakarta ini, Paristiyanti menyampaikan, "solusi tersebut (Dikti Monas) berasal dari Jakarta untuk Indonesia."

5 Klinik Dikti Monas

Lebih jauh Kepala LLDikti DKI Jakarta menjelaskan kelima Klinik Dikti Monas terdiri atas:

1. Klinik Merdeka Belajar, Kampus Merdeka

Dalam rangka mewujudkan transformasi pendidikan tinggi, LLDikti Wilayah III turut mendorong perguruan tinggi agar mampu mencapai 8 Indikator Kinerja Utama. Klinik MBKM hadri agar mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman di luar kampus.

Perguruan Tinggi akan disupport dalam menerapkan opsi MBKM, seperti konversi kredit nilai hingga teknis pelaporan di pangkalan data pendidikan tinggi.

Baca juga: Mitigasi Sebaran Omicron, LLDikti Jakarta dan Gunadarma Gelar Sentra Vaksin Booster

 

Implementasi MBKM yang dapat dilakukan mahasiswa terdiri dari; magang/praktik kerja, pertukaran pelajar antar program studi, kegiatan kewirausahaan, asistensi mengajar, studi/proyek mandiri, KKN/KPM Desa Tematik, riset/penelitian, dan program kemanusiaan.

2. Klinik Jurnal

Layanan ini dibuat untuk memfasilitasi dosen, agar hasil penelitian dan pengabdiannya dapat bermanfaat bagi masyarakat, serta akan mendapat rekognisi secara internasional.

Melalui klinik jurnal, perguruan tinggi sebagai afiliator jurnal ilmiah akan di dorong untuk mendapatkan serta meningkatkan peringkat akreditasi jurnal ilmiahnya.

3. Klinik Mutu

Hingga awal tahun 2022 ini, menurut data di PDDIKTI masih terdapat 135 perguruan tinggi di Provinsi DKI Jakarta yang belum terakreditasi. Klinik Mutu yang diperuntukan bagi kampus yang sedang dalan persiapan akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com