Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPJ dan ITC Bersinergi Perkuat Politeknik Swasta Indonesia lewat "Program Erica"

Kompas.com - 12/12/2021, 17:02 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu upaya memajukan vokasi, khususnya politeknik, dapat ditempuh dengan meningkatkan kompetensi para pemimpin politeknik mulai dari kemampuan manajerial hingga kemampuan komunikasi.

Menjawab tantangan ini, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) mendukung program peningkatan kapasitas kepemimpinan pejabat struktural politeknik swasta di Indonesia dengan bersinergi bersama International Testing Center (ITC) 

Sinergi dilakukan melalui program "Erica" (Empowering Polytechnic Leaders in Indonesia) sebagai bagian dari program kompetitif internasional National Multiplication Training (Dies NMT).

Dies NMT merupakan bagian dari program besar Dies (Dialogue on Innovation Higher Education Strategies) yang dikembangkan German Academic Exchange Service (DAAD) dan The German Rectors’Conference (HRK).

Program ini dikelola Potsdam University Jerman dengan pendanaan dari Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman (BMZ).

Tahun 2021-2022 ini, UPJ bersama mitra Politeknik Caltex Riau (PCR) berhasil mewakili Indonesia mendapatkan hibah penyelenggaraan Erica Workshop.

Untuk menambah manfaat pelaksanaan workshop Erica ini, UPJ mendapat dukungan dari ITC memberikan tambahan manfaat berupa 100 sertifikasi internasional IC3 dan 100 sertifikasi internasional G metrix per politeknik yang menjadi peserta workshop Erica.

Baca juga: Gebyar Menara Vokasi 2021, Wikan: Vokasi Jadi Akselerator Pembangunan Daerah

Total dukungan melalui program ini mencapai nilai Rp 1,7 miliar.

Selain dua macam sertifikasi internasional IC3 dan G-metrix, politeknik peserta ERICA juga dibekali dengan workshop IC3 dan G-metrix bagi dosen-dosen, serta Seminar Digital Literacy bagi mahasiswa.

Sebanyak 13 politeknik akan menerima manfaat kerja sama ini yakni Politeknik Jambi, Politeknik Caltex Riau, Politeknik Astra, Politeknik Aceh, Politeknik Kerlapa Sawit Citra Widya Edukasi, Politeknik Tonggak Equator, dan Politeknik Indonesia Venezuela.

Selain itu, Politeknik Indonusa Surakarta, Politeknik Unisma Malang, Politeknik Aceh Selatan, Polytechnic of Wilmar Business Indonesia, Politeknik Pariwisata Batam, dan Politeknik Bhakti Kartini juga turut mendapatkan manfaat dari Program Erica ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com