Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditjen Vokasi Adakan DUDI Awards 2021, Ini 9 Kategorinya

Kompas.com - 17/11/2021, 19:38 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan mengadakan DUDI Awards 2021.

Acara ini diadakan sebagai bentuk apresiasi kepada pihak dunia usaha dan dunia industri yang sudah memberikan sumbangsih dan penguatan terhadap pendidikan vokasi di Indonesia.

Selain itu acara DUDI Award 2021 ini juga bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas kemitraan yang telah terjalin dan mendorong DUDI baru lainnya untuk berkontribusi kepada pendidikan vokasi.

Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Saryadi mengatakan, rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020-2024 mengamanatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai program prioritas pemerintah Indonesia.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Lho 10 Keunggulan Pendidikan Vokasi

Pendidikan vokasi tulang punggung cetak sdm unggul

Menurut Saryadi, untuk mewujudkan hal itu, pendidikan vokasi punya posisi strategis sebagai tulang punggung. Khususnya untuk menghasilkan SDM yang memiliki kompetensi dan punya produktivitas dan daya saing global.

Untuk mewujudkan layanan pendidikan berkualitas, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim juga telah memberikan arahan bahwa pendidikan vokasi harus berkolaborasi dengan DUDI dan dunia kerja dalam proses menghasilkan lulusan satuan pendidikan vokasi.

Dalam hal ini, DUDI tidak hanya hadir secara fisik di sekolah dalam menerima lulusan atau donasi. Tetapi juga industri bisa berkontribusi dan terlibat aktif dalam membentuk kompetensi berupa baik hard skill, soft skill dan karakter mahasiswa di satuan pendidikan vokasi.

"Guna mengimplementasi arahan Mas Menteri, Ditjen Vokasi telah menetapkan kebijakan link and match 8 plus i, untuk memastikan relevansi yang kuat antara satuan pendidikan vokasi dengan DUDI," kata Saryadi dalam sosialisasi DUDI Awards 2021 yang diadakan secara virtual, Senin (15/11/2021).

Saryadi menyampaikan, paket link and match 8 plus i mencakup penyelerasan kurikulum dan project based learning dan peningkatan kapasitas SDM vokasi. Selain itu ada guru tamu dari DUDI di satuan pendidkan vokasi. Hingga kegiatan praktik kerja lapangan selama 1 semester, pengembangan sertifikasi kompetensi yang dipercaya dunia industri.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 5 Arsitek Kebanggaan Indonesia, Ada Ridwan Kamil

9 kategori DUDI Awards 2021

Dalam paket link and match 8 plus i ini juga mencakup pengembangan izin factory atau riset terapan dan komitmen serapan dari DUDI atas lulusan satuan vokasi.

Saryadi menambahkan, DUDI Awards 2021 merupakan salah satu cara untuk mengapresiasi dan mengajak DUDI dan dunia kerja, lebih hadir di satuan pendidikan vokasi untuk mengimplementasikan link and match 8 plus i. Penghargaan Direktorat Jenderal Vokasi 2021 ini terbagi dalam 9 kategori, antara lain.

1. Kontrobusi DUDI di bidang akademik.

2. Kontribusi DUDI di bidang pembiayaan atau CSR.

3. Kontrobusi DUDI di bidang penelitian.

4. Kontribusi DUDI di bidang pemagangan atau praktik kerja lapangan.

Baca juga: Siswa Wajib Cuci Tangan Setelah Melakukan 10 Aktivitas Ini

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com