Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UKS Jadi Garda Terdepan Cegah Penyebaran Covid-19 di Sekolah

Kompas.com - 28/09/2021, 15:55 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebelum ada pandemi Covid-19, keberadaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sudah menjadi sesuatu yang penting untuk menangani kesehatan siswa.

Siswa yang kurang enak badan bisa langsung dibawa ke UKS untuk mendapat penanganan pertama.

Keberadaan UKS makin penting dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Guna memperkuat pemahaman mengenai manajemen UKS di satuan pendidikan, Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Kebudayaan (Kemendikbud Ristek) melalui Bidang Peserta Didik menyelenggarakan kegiatan bertajuk 'Workshop Penguatan Manajemen UKS Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2021'.

Baca juga: Tertarik Jadi Game Developer? Mahasiswa Harus Miliki 5 Skill Ini

UKS jadi garda terdepan cegah penyebaran Covid-19

Acara ini digelar secara campuran melalui daring (online) maupun luring (offline) dengan peserta perwakilan dinas pendidikan kabupaten kota, kepala sekolah dan pengurus UKS sekolah dari Kabupaten Sumedang dan Kota Cirebon.

Direktur Sekolah Menengah Pertama Mulyatsyah mengatakan, peran penting manajemen UKS sebagai garda terdepan dalam mencegah penyebaran kasus Covid-19 dalam proses pembelajaran tatap muka terbatas.

"Manajemen UKS berperan sebagai garda terdepan dalam mencegah penyebaran kasus Covid-19 di sekolah. Anak-anak harus diberi pemahaman agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada," ungkap Mulyatsyah seperti dikutip dari situs resmi Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Selasa (28/9/2021).

Menurut Mulyatsyah, manajemen UKS hendaknya bisa membentuk satgas-satgas Covid-19 di lingkungan sekolah.

Baca juga: Uniknya Museum Anak Bajang di Sleman, Tempat Belajar dan Berkesenian

Sehingga ketika terjadi hal-hal yang berindikasi pada kasus Covid-19, dapat dilakukan penanganan secepat mungkin.

Tekankan soal PHBS

Koordinator Bidang Peserta Didik, Maulani Mega Hapsari menerangkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi sekaligus pemahaman mengenai UKS yang berkaitan erat dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Melalui acara ini, kami berharap para peserta bisa mendapatkan banyak informasi dan ilmu yang bermanfaat," tandas Maulani.

Dia berharap informasi yang sudah didapatkan, tidak hanya berhenti di para peserta yang hadir saja, namun dapat diteruskan di lingkungan sekolah masing-masing.

"Kami menaruh harapan besar kepada para peserta yang hadir, agar UKS mendapatkan perhatian lebih. Karena UKS itu menyangkut ke banyak aspek, baik yang secara fisik maupun non fisik, itu semua tercakup dalam UKS," tegas Mega.

Baca juga: Kao Indonesia Buka Lowongan Kerja bagi S1 Fresh Graduate

Menurut Mega, Direktorat SMP melalui Bidang Peserta Didik secara aktif menyelenggarakan webinar yang mengangkat tema-tema terkait kesehatan remaja dan sanitasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com