Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Kampus Ini Gotong Royong Lakukan Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kompas.com - 08/08/2021, 15:14 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seluruh lapisan masyarakat yang memenuhi persyaratan menerima vaksin Covid-19 didorong untuk mendapatkan vaksin tersebut.

Dalam proses percepatan vaksinasi Covid-19, dukungan datang dari berbagai sektor untuk ikut menyukseskan program vaksinasi, termasuk sektor pendidikan tinggi.

Dirangkum dari Instagram resmi @ditjendikti, Minggu (8/8/2021), banyak perguruan tinggi di Indonesia yang telah menggelar program vaksinasi massal baik bagi kalangan sivitas akademika maupun masyarakat sekitar.

Ditjen Dikti merangkumkan kegiatan vaksinasi Covid-19 yang sudah dilakukan perguruan tinggi pada periode Juli dan Agustus 2021. Vaksinasi yang dilakukan perguruan tinggi ini untuk mendukung percepatan vaksinasi nasional.

Baca juga: Siswa, Berikut 4 Tips Membangun Motivasi Selama Belajar Daring

Gotong royong lakukan percepatan vaksinasi

1. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Unesa mengadakan vaksinasi massal pada 3 Agustus 2021. Vaksinasi ditujukan untuk masyarakat sekitar dan sivitas akademika Unesa.

Selain menyediakan 5.000 kuota vaksi AstraZeneca, terdapat program lainnya seperti pemberian sembako, donor plasma dan donor darah hingga penyediaan oksigen dengan harga terjangkau bagi masyarakat yang membutuhkan.

2. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB menyediakan 5.000 dosis vaksinasi yang ditargetkan untuk masyarakat sekitar, mahasiswa serta dosen dan tenaga kependidikan beserta keluarga mereka.

Sebagai salah satu Sentra Vaksinasi, IPB juga telah melaksanakan upaya mengatasi pandemi dengan menyediakan tempat isolasi mandiri (isoman) bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan.

Baca juga: United Tractors Buka Program Magang bagi Mahasiswa D3/S1, Yuk Daftar

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Progam vaksinasi ITS telah dilakukan pada 31 Juli 2021 lalu guna mendukung percepatan vaksinasi dari pemerintah. Pemberian vaksin ditujukan bagi mahasiswa, sivitas akademika, alumni beserta kelarganya. Total ada 6.000 dosis vaksin Sinovac yang diberikan dalam program vaksinasi ini.

4. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

UNJ menggelar program vaksinasi massal pada 17 Juli bekerja sama dengan tim dokter Mabes Polri dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Vaksinasi ditujukan untuk sivitas akademika, mahasiswa hingga masyarakat umum. UNJ menyediakan kuota 700 hingga 1.000 vaksin yang siap didistribusikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com