Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan HUT Kemerdekaan ke-76 RI, Faber Castell Gelar Lomba Gambar "Budaya Indonesia"

Kompas.com - 06/08/2021, 12:20 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, Faber-Castell, produsen alat tulis, menggelar lomba gambar bertajuk "Indonesian Culture, Color for Life Competition 2021".

Kegiatan ini diharapkan dapat terus menghidupkan semangat dan nilai positif kepada masyarakat di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung.

"Kondisi pandemi saat ini tentunya membawa tantangan bagi kebanyakan kita, namun dalam banyak hasil penelitian, coretan warna dianggap efektif dalam mengurangi tingkat stres," ungkap Product Manager Faber-Castell International Indonesia, Vincentia Novianty.

Melalui rilis resmi (6/8/2021) Vincentia menambahkan, "hal ini tentunya juga sangat positif, sejalan dengan menyuarakan nilai-nilai positif dalam rangka perayaan HUT Indonesia."

Ia menyampaikan, bulan Agustus selalu dimaknai berbeda dan istimewa oleh kita segenap bangsa Indonesia, hal tersebut dikarenakan di bulan ini, bangsa Indonesia merayakan lahirnya Negara Indonesia.

"Semangat para pendiri negara dan para pejuang kemerdekaan, selalu menginspirasi banyak pihak untuk turut merayakannya dalam program maupun kegiatan, sama seperti yang dilakukan Faber-Castell," jelas Vincentia.

Baca juga: Jelang HUT Ke-76 RI, 5 Siswa Indonesia Raih Prestasi Olimpiade Ekonomi

Angkat budaya bangsa dalam gambar

Vincentia menjelaskan, para peserta nantinya diajak untuk berani mengangkat budaya Indonesia untuk dihadirkan dalam karya seni gambar, sesuai tema perlombaan yakni, sesuai tema besar perlombaan yakni, Indonesian Culture.

Kegiatan yang merupakan bagian kampanye global Faber-Castell #Colour4Life ini, akan berlangsung sejak 1 Agusus hingga 15 September 2021 secara nasional dengan konsep daring.

Acara akan dilaksanakan di 9 daerah yakni Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jabodetabek, Jawa Barat, Yogyakarta, Semarang, Jawa Timur, Denpasar.

Vincentia menyampaikan, seluruh peserta dapat mengunggah karyanya dalam sebuah tautan (link) khusus.

Pada tahap seleksi, semua peserta ditantang untuk menuangkan ide dan kreatifitas dengan tema “Indonesia: Art and Culture Performance “ dan akan di pilih 2 pemenang per daerah.

Perwakilan daerah ini selanjutnya akan kembali di tantang kembali berkarya untuk menggambarkan identitas baju adat dari setiap daerah di mana peserta berasal.

Untuk hadiah, Vincentia menyampaikan akan hadiah jutaan rupiah dalam bentuk uang tunai dan produk bagi pemenang kategori pemenang per daerah hingga pemenang nasional. Selain itu, akan juga hadiah menarik bagi peserta yang mendapatkan kategori favorit sosial media.

Keputusan pemenang tingkat nasional akan diumumkan pada 25 September mendatang.

Berikut jadwal lengkap perlombaan:

  • Lomba diadakan 1 Agustus - 15 September 2021
  • Pengumuman Pemenang Lomba Kategori Umum via Media Sosial Faber-Castell (@Fabercastell_id) pada tanggal 21 September 2021
  • Grand Final dilaksanakan 22-23 September 2021, hasil Gambar dikumpulkan via Gform pada tanggal 23 September 2021 pukul 23.59 WIB
  • Bincang-Bincang menarik tentang #Colour4life dan Pengumuman Pemenang Nasional pada tanggal 25 September 2021 (via Virtual )

 

"Informasi mengenai detail kegiatan dapat dilihat melalui laman www.faber-castell.co.id atau sosial media Faber-Castel Indonesia," pungkas Vincentia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com