Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirjen Vokasi: Kementerian Ini Buka CPNS 2021 Lulusan SMK

Kompas.com - 13/07/2021, 16:53 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu kementerian yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI membuka seleksi CPNS 2021 atau seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021.

Menariknya, KKP membuka seleksi CASN 2021 bagi lulusan SMK. Hal tersebut tentunya menjadi angin segar bagi lulusan SMK.

Sebab, prospek kerja lulusannya semakin meluas, hingga bisa memasuki ranah kementerian dan menjadi ASN. Artinya, kompetensi lulusan SMK tidak diragukan lagi.

Baca juga: UGM Gelar Webinar Sosialisasi Seleksi CPNS Kementerian Luar Negeri

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, (Dirjen Vokasi) Wikan Sakarinto, dia sering kali mengingatkan bahwa melalui pendidikan vokasi dan membangun ekosistem pendidikan vokasi, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM yang unggul.

Tak hanya itu saja, lulusan SMK juga mampu menjadi problem solver bagi permasalahan yang lahir di masyarakat.

"Lulusan SMK ini kita gembleng tidak hanya belajar teori, tapi 60 persen praktik," ujar Wikan seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Sabtu (10/7/2021).

Lebih lanjut menurut Wikan, lulusan SMK juga telah ikut praktik kerja lapangan di industri untuk mengasah kompetensinya, sehingga menjadi lulusan yang kompeten dan mampu berdaya saing global.

Dijelaskan bahwa pendidikan vokasi merupakan win-win solution bagi pemerintah.

Berbekal dengan kompetensi yang tersertifikasi di bidangnya masing-masing, kemudian membaca potensi yang ada membuat lulusan vokasi dapat menjadi lulusan yang siap bekerja dan memasuki dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA).

Tidak hanya itu, adanya penyelarasan kurikulum yang dilakukan antara industri dan satuan pendidikan vokasi, serta ditanamkannya mindset CEO membuat lulusan vokasi juga dapat berkarir di bidang wirausaha.

Dengan kompetensi yang tersertifikasi sesuai passion dari lulusan pendidikan vokasi, termasuk SMK, menjadi kekuatan bagi pemerintah dalam menyiapkan SDM unggul yang mampu berdaya saing global.

"Terlebih, mempersiapkan diri menghadapi bonus demografi yang akan datang," tegas Wikan.

Baca juga: [POPULER EDUKASI] Kemendikbud Ristek Buka 10.447 Formasi CPNS | Lowongan Kerja Pocari Sweat | Magang BCA Lulusan SMA-S1

Karenanya, melalui seleksi penerimaan calon ASN tersebut, KKP mengakui bahwa lulusan SMK merupakan jawaban dari kebutuhan SDM yang diperlukan untuk menjadi bagian dari ASN.

Tentu yang berperan untuk menguatkan sinergi dalam mengatasi permasalahan pemerintah, khususnya bidang kelautan dan perikanan.

Jika kamu lulusan SMK dan ingin menjadi abdi negara, maka bisa mencoba mendaftar pada seleksi CASN 2021 dan bergabung menjadi solusi bagi negeri.

Berikut ini link-nya http://www.ropeg.kkp.go.id/artikel-2156-pengumuman-seleksi-pengadaan-aparatur-sipil-negara-kementerian-kelautan-dan-perikanan-tahun-2021

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com