Kompas.com - 13/07/2021, 16:28 WIB
PSM ITB Dok. Humas ITBPSM ITB

KOMPAS.com - Pandemi COVID-19 berdampak kepada berbagai hal, termasuk kegiatan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Namun, PSM ITB berusaha eksis dengan membawa warna baru bagi dunia paduan suara di tengah suasana serba keterbatasan ini.

PSM ITB menggelar konser virtual bertajuk “Satu Cinta” melalui kanal YouTube mereka pada Sabtu, 26 Juni 2021. Konser ini melibatkan 101 orang, termasuk kru dan penyanyi dari berbagai angkatan, mulai angkatan 2017—2020, serta alumni.

Konser virtual dapat disaksikan melalui laman https://www.youtube.com/c/PSMITB 

Baca juga: Beasiswa Unggulan 2021 Kemendikbud untuk Mahasiswa S1-S3: Manfaat dan Cara Daftar

Dilakukan dari rumah masing-masing

Sampai saat ini, konser virtual “Satu Cinta” telah ditonton mencapai lebih dari 10.000 kali dengan jumlah suka (likes) di atas 1000.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Konser “Satu Cinta” menjadi penarik perhatian para pecinta musik tahun ini. terlebih tajuknya mengadopsi salah satu lagu mendiang Glenn Fredly, musisi ternama di Indonesia, yang berjudul “Pada Satu Cinta”.

Proses produksi konser virtual PSM ITB tahun ini dilakukan dengan bekerja sama dengan Sync Production. Para penyanyi telah berlatih selama empat bulan secara daring. Mereka melakukan rekaman audio dan video atas persetujuan music director.

Sync Production kemudian melakukan proses penggabungan dan pengolahan sehingga menjadi konser virtual yang bisa dilihat seksama.

Kehadiran konser virtual dari PSM ITB ini tidak lepas dari penyelenggaraan Festival Paduan Suara (FPS) ITB yang merupakan salah satu standar perkembangan paduan suara di Indonesia yang telah terlaksana sebanyak 26 kali sejak 1968. FPS ITB menjadi tempat bagi paduan suara untuk belajar, berproses, dan berprestasi.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

“Biasanya format FPS ITB adalah perlombaan. Namun, karena adanya pandemi, akhirnya diputuskan bahwa FPS XXVI ITB dilakukan dalam bentuk Choir Exhibition,” ungkap Ketua Pelaksana Konser Virtual “Satu Cinta” PSM ITB 2021 Billy Hansel ketika diwawancara secara virtual oleh Humas ITB, seperti dilansir dari laman ITB, Selasa (13/7/2021).

Billy mengungkapkan, konser virtual ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian masyarakat dan penggiat paduan suara akan FPS XXVI ITB.

Terbukti dengan adanya berbagai komentar positif dari masyarakat Indonesia dan tim paduan suara di berbagai universitas, seperti PSM UGM dan ITS Student Choir.

Sementara itu, Direktur Artistik FPS XXVI ITB 2021 Avip Priatna berharap agar festival ini dapat menjadi jawaban atas harapan para pelaku dan pencipta paduan suara di Indonesia. “Agar dunia paduan suara kita tetap bercahaya dan berkembang,” ujarnya.

Baca juga: Ikut Kampus Mengajar Angkatan 2, Mahasiswa Dapat Rp 1,2 Juta Per Bulan



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.