Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Cara Tingkatkan Keterampilan Mahasiswa Saat Pandemi

Kompas.com - 09/11/2020, 20:08 WIB
Elisabeth Diandra Sandi,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pada Senin (9/11/2020), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membagikan 11 cara meningkatkan keterampilan teknis (hard skill) dan nonteknis (soft skill) saat pandemi Covid-19.

“Insan Dikti, meskipun sedang masa pandemi Covid-19 kita harus tetap dapat mengasah keterampilan hard skill dan soft skill, loh,” tulis Kemendikbud lewat akun Instagram resminya.

Kemendikbud juga menjabarkan, keterampilan adalah kemampuan untuk menggunakan akal, pikiran, ide, dan kreativitas untuk menerjemahkan pengetahuan ke dalam praktik.

Baca juga: Mahasiswa, Kemendikbud Sebut 5 Keterampilan agar Jadi Lulusan Berkompeten

Keterampilan teknis biasanya mampu dipelajari oleh setiap individu. Sementara itu, soft skill merupakan keterampilan yang berhubungan dengan orang lain dan diri sendiri.

Umumnya, keterampilan nonteknis dasar atau bawaan yang dimiliki setiap individu dan dapat berkembang seiring berjalannya waktu lewat pengalaman.

Cara kembangkan hard skills

Bagi pelajar yang masih tidak tahu bagaimana cara memulainya dan apa saja yang harus dilakukan, Kemendikbud memberikan enam cara untuk meningkatkan keterampilan di tengah pandemi Covid-19.

1. Kenali minat diri

Mulailah dengan mengenali minat diri karena keterampilan teknis dapat dipelajari.

“Jika minatmu lebih ke dunia editing, maka kamu bisa mulai mengasah hard skill dengan mempelajari software editing,” contoh Kemendikbud.

2. Lihatlah prospek ke masa depan

Salah satu cara memutuskan untuk mempelajari keterampilan yang sesuai dengan minat adalah melihat prospek kariernya di masa depan.

“Beberapa tahun ke depan sekiranya keterampilan apa yang paling banyak diperlukan, maka Insan Dikti bisa memulai mempelajari keterampilan itu,” jelas Kemendikbud.

Apalagi bila pelajar merupakan orang yang memiliki banyak minat dan mampu untuk mempelajari banyak hal baru, tetapi mengalami kesulitan untuk menyaringnya.

3. Cari referensi di internet

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com