Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMA, Kemendikbud-Rencanamu Hadirkan Layanan Gratis Siap Kuliah

Kompas.com - 14/10/2020, 13:52 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai bentuk dukungan terhadap program Direktorat Sekolah Menengah Atas (SMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam membangun SDM unggul bangsa Indonesia, platform edukasi Rencanamu.id menghadirkan layanan persiapan kuliah yang dapat diakses secara gratis.

Layanan persiapan kuliah tersebut terdiri dari Tes Minat Bakat, Eksplorasi Jurusan dan Karier gratis bagi peserta didik SMA di seluruh Indonesia. Dengan tujuan utama membangun SDM unggul Indonesia.

Kerja sama antara Kemendikbud dan Rencanamu diharapkan dapat menjadi solusi terkait permasalahan klasik yaitu salah jurusan dan ketimpangan antara bidang-bidang yang dibutuhkan industri dan bidang-bidang yang ditekuni peserta didik.

Baca juga: Asesmen Nasional Pengganti UN, Kemendikbud: Tidak Semua Siswa Ikut

Sebagian besar lulusan SMA bingung pilih jurusan

Berdasarkan data internal survei ke lebih dari 2 juta pengguna Rencanamu, hampir 92 persen peserta didik tingkat SMA bingung dan tidak yakin ingin ambil jurusan apa setelah lulus. Selanjutnya, hampir 50 persen mahasiswa merasa salah jurusan.

Terdapat pula ketimpangan antara bidang-bidang yang ditekuni siswa dengan bidang-bidang yang dibutuhkan oleh industri, sehingga menyebabkan ketidaksesuaian antara supply dan demand di dunia kerja.

Founder & CEO Rencanamu Rizky Muhammad mengatakan, kondisi tersebut adalah masalah besar yang perlu dipecahkan untuk dapat menemukan solusinya.

Karena itu, jelas dia, persiapan kuliah dan bimbingan karier adalah salah satu aspek penting yang harus dilakukan peserta didik khususnya di tingkat SMA.

Baca juga: Mendikbud Nadiem soal Pengganti UN 2021: Tidak Perlu Bimbel Khusus

Namun, intervensi persiapan kuliah dan bimbingan karier masih sangat minim, ditambah informasi terkait dinamika dunia karier dan industri yang begitu cepat berubah, dan akses informasi pun tidak tersebar secara merata.

Peserta didik pun tidak memiliki ruang gerak yang cukup untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya.

Terlebih fenomena salah jurusan adalah permasalahan klasik yang berdampak panjang terhadap produktivitas SDM Indonesia. Sehingga intervensi dini terkait persiapan karier sangat penting dilakukan.

Karena itulah, Rencanamu telah menyiapkan layanan persiapan kuliah sebagai salah satu solusi.

Baca juga: 10 Pilihan Jurusan di Bidang Kesehatan dan Prospek Kerjanya

"Rencanamu terbukti sangat efektif dalam membimbing peserta didik terkait persiapan kuliah serta perencanaan jurusan dan karier. Berdasarkan data Rencanamu dalam 3 tahun terakhir, lebih dari 90 persen pengguna Rencanamu merasa lebih yakin dan mengetahui tujuan mereka setelah menggunakan Rencanamu," papar Rizky dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/10/2020).

Sehingga diharapkan peserta didik akan lebih semangat belajar dan gigih mencapai tujuan jika mereka menekuni bidang yang sesuai dengan minatnya.

“Ini adalah tujuan dasar eksplorasi diri yang dimulai dengan rangkaian tes minat bakat yang ada di Rencanamu. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Direktorat SMA agar dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi seluruh peserta didik tingkat SMA di Indonesia,” tambah Rizky.

Sejak 2017, Rencanamu telah membantu lebih dari 2 juta peserta didik tingkat SMA/sederajat dalam program “Siap Kuliah” di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com