Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pilihan Jurusan di Bidang Kesehatan dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 12/08/2020, 16:30 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat kontribusi tenaga kesehatan begitu dibutuhkan. Bila kamu memiliki "passion" untuk bekerja di bidang kesehatan saat lulus kuliah nanti, sejumlah jurusan bisa menjadi pilihan.

Bidang kesehatan sesungguhnya jauh lebih luas dari sekadar menjadi dokter atau perawat.

Banyak hal-hal lain di luar itu yang dapat menunjang kesehatan banyak orang, mulai dari administrasi, teknologi, sampai produk komplementer seperti tenaga penyuluhan dan obat-obatan.

Berikut jurusan untuk kamu yang memiliki minat untuk berkontribusi di bidang kesehatan, merangkum Rencanamu.id:

1. Farmasi

Jurusan Farmasi berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya.

Kamu akan belajar mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi.

Termasuk mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menghasilkan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan.

Kamu cocok masuk jurusan ini bila menyukai pelajaran Kimia dan Biologi, serta menaruh minat besar pada perkembangan dunia dan industri obat-obatan.

Prospek kerja lulusan jurusan ini meliputi Farmasi, Dokter Pengobatan Preventif, Analis Kontrol Kualitas.

2. Ilmu Gizi

Jurusan Ilmu Gizi mendalami tentang hubungan antara makanan yang diasup dengan kesehatan tubuh yang dihasilkan oleh gizi tersebut.

Secara lebih spesifik, jurusan ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan manusia, dan produktivitasnya, hubungan gizi dengan sektor pertanian, ekonomi dan sosial budaya, serta kualitas manusia.

Kamu cocok masuk jurusan ini bila memiliki kemampuan persuasi yang baik dan rasa kepedulian yang tinggi terhadap sesama.

Prospek kerja lulusan jurusan ini meliputi Ahli Diet dan Nutrisi, Konselor Rehabilitasi.

3. Nutrisi dan Teknologi Pangan

Pekerja ahli teknologi pangan saat melakukan proses formulasi di Laboratorium Pusat Penelitian dan Pengembangan Sinar Mas Agribusiness dan Food di Marunda, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (27/2/2020). Sinar Mas Agribusiness dan Food melakukan kampanye Aksi Cinta yang diluncurkan pada januari 2020 untuk konsumen agar dapat menyajikan makanan lezat, bergizi, praktis serta menarik di rumah dengan produk berkualitas Filma.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pekerja ahli teknologi pangan saat melakukan proses formulasi di Laboratorium Pusat Penelitian dan Pengembangan Sinar Mas Agribusiness dan Food di Marunda, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (27/2/2020). Sinar Mas Agribusiness dan Food melakukan kampanye Aksi Cinta yang diluncurkan pada januari 2020 untuk konsumen agar dapat menyajikan makanan lezat, bergizi, praktis serta menarik di rumah dengan produk berkualitas Filma.

Bila kuliah di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi dan memenuhi kebutuhan gizi konsumer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com