10 Pilihan Jurusan di Bidang Kesehatan dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 12/08/2020, 16:30 WIB
Ilustrasi peneliti membuat serum antibodi untuk melawan virus corona. SHUTTERSTOCKIlustrasi peneliti membuat serum antibodi untuk melawan virus corona.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat kontribusi tenaga kesehatan begitu dibutuhkan. Bila kamu memiliki "passion" untuk bekerja di bidang kesehatan saat lulus kuliah nanti, sejumlah jurusan bisa menjadi pilihan.

Bidang kesehatan sesungguhnya jauh lebih luas dari sekadar menjadi dokter atau perawat.

Banyak hal-hal lain di luar itu yang dapat menunjang kesehatan banyak orang, mulai dari administrasi, teknologi, sampai produk komplementer seperti tenaga penyuluhan dan obat-obatan.

Berikut jurusan untuk kamu yang memiliki minat untuk berkontribusi di bidang kesehatan, merangkum Rencanamu.id:

1. Farmasi

Jurusan Farmasi berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya.

Kamu akan belajar mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi.

Termasuk mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menghasilkan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan.

Kamu cocok masuk jurusan ini bila menyukai pelajaran Kimia dan Biologi, serta menaruh minat besar pada perkembangan dunia dan industri obat-obatan.

Prospek kerja lulusan jurusan ini meliputi Farmasi, Dokter Pengobatan Preventif, Analis Kontrol Kualitas.

2. Ilmu Gizi

Jurusan Ilmu Gizi mendalami tentang hubungan antara makanan yang diasup dengan kesehatan tubuh yang dihasilkan oleh gizi tersebut.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X