Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 PTN dengan Jurusan S1 Hubungan Internasional Akreditasi A

Kompas.com - 30/09/2020, 17:19 WIB
Elisabeth Diandra Sandi,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam pendidikan bidang sosial humaniora, Ilmu Hubungan Internasional (HI) merupakan salah satu jurusan yang daya saingnya ketat.

Jika melihat data dari situs SIMAK Universitas Indonesia (UI) untuk tahun ajaran 2020 dalam program studi gelar sarjana (S1), maka pelajar bisa melihat persentase daya saing jurusan hubungan internasional di UI.

Terdapat 468 pendaftar dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 436 lewat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan 2867 orang dari SIMAK UI.

Baca juga: Ingin Bekerja Sesuai Hobi? Jurusan Kuliah Ini Bisa Dipertimbangkan

Dari total 3771 pendaftar, UI hanya menerima 60 mahasiswa untuk masuk ke jurusan HI.

Namun selain UI, terdapat 4 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka kesempatan bagi calon mahasiswa S1 untuk belajar ilmu HI.

Berikut ini merupakan 5 PTN yang memiliki jurusan ilmu HI berakreditasi A menurut situs Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi per September 2020.

1. Universitas Indonesia

Menurut QS World University Ranking, Universitas Indonesia merupakan PTN di Indonesia yang menduduki peringkat ke-305 di dunia.

Universitas yang memiliki jas almamater berwarna kuning ini juga menduduki peringkat ke-2 versi 4 International Colleges & Universities (4ICU) tahun ini.

Beberapa nama alumnus UI yang lulus dari jurusan HI adalah Co-founder dan CEO Ruangguru.com Muhammad Iman Usman, Valerina Daniel serta Isyana Bagoes Oka selaku pembawa acara berita, Direktur General Electic Indonesia David Hutagalung, dan CEO Leafplus Nadine Zamira Sajrief.

2. Universitas Gajah Mada

Apabila UI menduduki peringkat ke-2 sebagai kampus terbaik di Indonesia versi 4ICU, Universitas Gajah Mada (UGM) merupakan urutan pertamanya.

Sementara itu dalam QS World University Ranking, UGM menduduki posisi ke-250 sebagai universitas terbaik di dunia.

Selain menyediakan pendidikan untuk mengenyam ilmu HI untuk gelar sarjana, UGM juga menfasilitasi edukasi untuk memeroleh gelar magister (S2).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com