Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2020, 21:19 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) menjadi kampus pilihan utama calon mahasiswa melanjutkan pendidikan. Hal itu terlihat dari antusias pendaftar yang mencapai total 21.849 orang, dengan alokasi dinyatakan lolos masuk sebanyak 2.301 orang.

"Selamat datang calon mahasiswa yang juga peserta hasil seleksi ujian mandiri (UM) 2 S1 di kampus riset dan berkelas yang menjunjung tinggi nilai Pancasila dan semangat juang Pangeran Diponegoro," kata Rektor Undip Yos Johan Utama dalam keterangan resmi laman Undip, Senin (7/9/2020).

Yos Johan menambahkan, "tingginya minat calon mahasiswa untuk kuliah di Undip menunjukkan bahwa Undip adalah kampus pilihan utama." 

Baca juga: Dari Ribuan Kampus, Lulusan Undip Tercepat Ketiga Dapat Pekerjaan

Yos mengatakan, sebagai salah satu kampus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) di Indonesia, Undip memiliki 11 fakultas dan juga sekolah Pasca Sarjana dan Vokasi yang terdiri dari program Sosial Humaniora (Soshum) dan Saintek.

Undip, ungkap Yos, menyediakan 52 program studi untuk program S1 yang telah menghasilkan banyak pakar dalam bidangnya.

Lulusan Undip cepat memperoleh pekerjaan

Tingginya antusiasme pendaftar setiap tahun menjadi salah satu bukti, Undip menjadi salah satu kampus pilihan utama yang pendaftarnya bukan datang dari Jawa Tengah (Jateng) saja.

"Itu terbukti yang mendaftar tidak hanya dari Jateng saja, melainkan peminat yang mendaftar dan yang lolos seleksi banyak datang dari 34 provinsi," terang Yos.

Tak hanya itu, lanjut dia, Undip merupakan universitas peringkat ketiga di Indonesia yang lulusannya cepat mendapatkan pekerjaan. Hal itu didukung ragam program studi dan fasilitas universitas riset yang ada di Undip.

"Sehingga mahasiswanya terbentuk menjadi lulusan yang handal dan siap kerja. Undip juga memiliki misi agar calon mahasiswa dari segala kalangan dapat melanjutkan pendidikan tingkat universitas dengan menyediakan berbagai program beasiswa," tuturnya.

Undip juga, sambung dia, telah bekerjasama dengan banyak perusahaan nasional maupun multinasional yang memiliki kapasitas daya tampung tinggi untuk para lulusan Undip.

Bahkan, sebagai universitas yang terkenal dengan riset, Undip bersama mahasiwa selalu berusaha mengembangkan berbagai inovasi yang bermanfaat bagi bangsa.

Dia menambahkan, dari 52 program studi S1 di Undip, Prodi Kedokteran menduduki peringkat pertama dengan total pendaftar 1.794 orang, kemudian ada Prodi Kesehatan Masyarakat dengan total pendaftar 1.572 orang, lalu ada Prodi Hukum dengan pendaftar berjumlah 1.433 orang.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Gedung Sekolah Vokasi Undip, Ini Pesannya...

"Lalu di posisi keempat ada Prodi Ilmu Komunikasi dengan pendaftar sebanyak 1.370 orang. Adapun Prodi Psikologi masuk posisi kelima dengan jumlah peminat 1.307 orang," sebut Yos.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com