Kampus Swasta Ini Masuk Daftar Perguruan Tinggi Terbaik Dunia Versi THE

Kompas.com - 07/09/2020, 11:02 WIB
Telkom University Dok. Tel-UTelkom University

KOMPAS.com - Times Higher Education (THE) kembali merilis pemeringkatan universitas terbaik dunia untuk tahun 2021 pada September 2020. Dalam THE World University Rankings 2021, sembilan perguruan tinggi Indonesia masuk dalam pemeringkatan dunia.

Dari sembilan kampus yang masuk dalam pemeringkatan THE World University Rankings 2021, Telkom University (Tel-U) menjadi kampus swasta yang bersanding dengan delapan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Prestasi ini membuat Telkom Tel-U sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia versi THE.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya mengatakan ini merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas dari sivitas akademika Telkom University serta kontribusi dari para alumni dan seluruh stakeholders.

Baca juga: 9 Kampus Terbaik Indonesia Versi THE World University Rankings 2021

“Prestasi ini merupakan amanah bagi kita (Tel-U) untuk terus memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia, kami berharap capaian ini dapat bermanfaat tidak hanya untuk civitas akademika tetapi juga menjadi penyemangat untuk kita semua dalam memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat dan bangsa Indonesia," paparnya seperti dilansir dari laman Tel-U, Senin (7/9/2020).

THE merupakan Lembaga pemeringkatan yang telah diakui global dan salah satu penyedia peringkat teratas untuk penilaian kualitas institusi di seluruh dunia.

Pada THE World University Rankings 2021, sebanyak 1.500 universitas dari 93 negara dan wilayah masuk dalam pemeringkatan sehingga menjadikan THE sebagai pemeringkatan universitas terbesar dan paling beragam hingga saat ini.

Baca juga: 7 Program Prioritas Pendidikan Mendikbud Nadiem di Tahun 2021

THE World University Rankings sendiri rutin merilis peringkat Universitas terbaik di dunia dengan 5 indikator penilaian seperti pengajaran (teaching), penelitian (research), penyaluran pengetahuan (knowledge transfer), Kutipan (citations) hingga pandangan internasional (international outlook) dan lain-lain.

Dari indikator tersebut, Telkom University berhasil meraih skor tertinggi pada indikator kutipan (citations) dan menempatkan Tel-U menjadi Perguruan Tinggi Indonesia terbaik versi THE Kategori skor citations di Indonesia.

Tahun ini THE memeriksa lebih dari 86 juta kutipan untuk 13,6 juta artikel jurnal, ulasan artikel, prosiding konferensi, buku dan bab buku yang diterbitkan selama lima tahun.

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Mohon Kembali ke Tanah Air, Negara Membutuhkan Anda

Data tersebut mencakup lebih dari 24.000 jurnal akademik yang diindeks oleh Scopus Elsevier dan semua publikasi terindeks antara 2015 dan 2019, dan kutipan yang diambil/dibuat di rentang waktu 6 tahun yakni sejak 2015 hingga 2020.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X