Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Dian S. Hendroyono
Penulis di Kompasiana

Blogger Kompasiana bernama Dian S. Hendroyono adalah seorang yang berprofesi sebagai Freelancer. Kompasiana sendiri merupakan platform opini yang berdiri sejak tahun 2008. Siapapun bisa membuat dan menayangkan kontennya di Kompasiana.

Minum Air Putih sebelum Makan, Baguskah?

Kompas.com - 28/05/2022, 06:18 WIB
Kompasianer Dian S. Hendroyono,
Farid Assifa

Tim Redaksi

Konten ini merupakan kerja sama dengan Kompasiana, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.com

Konten ini merupakan opini/laporan buatan blogger dan telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Minum Air Putih sebelum Makan, Bergunakah?"

KOMPAS.com - Ada di antara kita yang mungkin memiliki kebiasaan minum air putih sebelum makan. Setiap kali makan siang, makan malam, dan waktu makan yang lain, selalu minum air putih.

Baguskah kita minum air putih sebelum makan?

Menurut situs Health Line, air putih yang diminum sebelum makan bisa menggelontor cairan lambung yang berguna untuk pencernaan.

Proses itu akan membuat makanan di lambung tak tercerna dan akibatnya bisa menimbulkan heartburn dan juga meningkatnya asam lambung.

Baca juga: 6 Manfaat Minum Air Putih Dalam Menurunkan Berat Badan

Jadi, lambung bisa mengetahui kapan kita akan makan, mungkin dari kebiasaan dan mungkin juga dari perintah otak yang menyebutkan bahwa kita sudah lapar.

Nah, ketika kita akan makan, maka lambung akan mengeluarkan cairan lambung tadi.

Kalau dilibas dengan air putih sebelum makan, tidak ada cairan lambung yang bisa memecah makanan yang masuk ke sana.

Lebih lanjut, menurut artikel di Health Line juga, dengan menumpuknya makanan di lambung juga bisa menaikkan kadar gula darah.

Ketika makanan tidak dicerna dengan sempurna, maka glukosa yang ada di makanan lantas akan disimpan sebagai lemak.

Dan, itu bisa menyebabkan meningkatkan insulin yang bisa menaikkan kadar gula darah.

Namun cairan lambung atau digestive juices, menurut Health Line, hanya akan terlarut jika Anda minum satu atau dua gelas air sebelum makan. Itu terlalu banyak. Kalau hanya seteguk, nah itu tidak masalah.

Kemudian kalau Anda tetap ingin minum dalam jumlah banyak sebelum makan, maka lakukanlah sekitar 30 menit sebelum menyantap makanan demi membantu pencernaan.

Demikian pula, minum segelas lagi 30 menit setelah makan, karena itu bisa membantu tubuh untuk menyerap nutrien dengan baik.

Bisa menurunkan berat badan

Ada literatur lain yang menyebut bahwa minum satu gelas air sebelum makan bisa menurunkan berat badan.

Sebuah artikel berjudul "3 Reasons Why You Should Drink a Glass of Water Before Each Meal" dari situs Self menyebutkan bahwa minum air putih sebelum makan bisa membuat kita mengonsumsi lebih sedikit kalori dari makanan yang kita santap.

Dengan kata lain, kita akan makan lebih sedikit.

Baca juga: Baik untuk Tubuh, Ini 5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Itu disebabkan karena air membuat kita sudah kenyang lebih dahulu, sehingga tidak butuh lagi makan lebih banyak.

Selain itu, minum satu gelas air bisa membuat kita mengurangi makanan hingga 100 kalori. Tapi, dengan syarat kita minum satu gelas air 30 menit sebelum makan, ya. Alasannya sudah dijelaskan tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com