10 Gejala Kanker Usus Stadium Awal yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 21/05/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Gejala kanker usus perlu diketahui untuk menentukan tingkat keparahan dan bisa menerima pengobatan terbaik.

Selain itu, dengan mengetahui berbagai gejala kanker usus, pengidapnya bisa segera mendapat penanganan medis sedini mungkin sebelum penyakit bertambah parah.

Pasalnya, jika sel kanker telah menjalar dan merusak organ lain, peluang kesembuhan pasien kanker usus pun semakin kecil.

Kanker usus stadium awal

Kanker usus dibagi menjadi lima stadium untuk menunjukkan tingkat keparahan penyakit.

Dilansir dari Cancer Center melalui KOMPAS.com, kanker usus stadium awal biasanya menggambarkan kondisi penyakit yang belum berkembang secara masif.

Baca juga: Rentan Menyasar Anak-anak, Ini Gejala Hepatitis Akut yang Harus Diwaspadai

Dilansir dari Healthline melalui KOMPAS.com, kanker usus stadium 0 menunjukkan tahap paling awal kanker usus. Pada stadium ini, kanker belum tumbuh di luar lapisan terdalam usus atau mukosa.

Begitu penyakit kanker usus berkembang menjadi stadium 1, tumor ganas telah tumbuh di lapisan terdalam usus atau mukosa, sampai lapisan usus selanjutnya atau submukosa.

Meski begitu, kanker usus belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat pada saat masih stadium awal atau 0.

Gejala kanker usus stadium awal

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (15/5/2022), berikut ini beberapa gejala kanker usus stadium awal yang perlu diwaspadai:

- Sering sembelit

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.