6 Tanda Paru-paru Tidak Sehat, dari Sesak hingga Batuk Berdarah

Kompas.com - 14/05/2022, 09:15 WIB

KOMPAS.com - Paru-paru adalah salah satu organ paling vital di tubuh manusia. Sebab ia merupakan organ pernapasan utama bagi manusia, di mana salah satu fungsinya adalah menyebarkan oksigen ke dalam tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida.

Karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan kesehatan paru-paru. Ketika paru-paru dalam kondisi yang tidak sehat, dampaknya bisa berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian.

Salah satu cara untuk menjaga kondisi paru-paru adalah dengan mengetahui tanda-tanda paru-paru tidak sehat sejak dini. Dikutip dari Lung Foundation, setidaknya ada 6 tanda paru-paru tidak sehat yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Tanda-tanda Paru-paru Tidak Sehat

1. Sesak napas

Tanda paru-paru tidak sehat yang pertama adalah sesak napas. Sesak napas memang merupakan gejala umum dari penyakit paru-paru.

Namun itu bukan berarti penderita sesak napas mengalami penyakit paru-paru. Beberapa penyebab lain dari sesak napas di antaranya:

  • Faktor penuaan
  • Kelebihan berat badan
  • Kondisi tidak fit

Sebagian orang merasa sesak napas ketika sedang berlari, berolahraga, atau aktivitas lainnya yang membutuhkan banyak oksigen dan energi. Mengalami sesak napas ketika kondisi-kondisi tersebut merupakan hal yang normal terjadi.

Namun apabila Anda mengalami sesak napas saat tubuh tidak melakukan aktivitas fisik yang berat, bisa jadi itu merupakan tanda-tanda paru-paru tidak sehat. Saat itu terjadi, disarankan segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan cepat yang tepat.

Ilustrasi sesak napas, ciri-ciri penyakit paru-paruShutterstock/Grigvovan Ilustrasi sesak napas, ciri-ciri penyakit paru-paru

2. Mengi

Selain sesak napas, tanda-tanda paru-paru tidak sehat berikutnya adalah mengi. Mengi adalah suara siulan bernada tinggi yang muncul ketika Anda bernapas, biasanya terdengar saat mengembuskan napas.

Mengi disebabkan oleh saluran udara yang terbatas lantaran penyempitan atau penyumbatan pada saluran udara yang menuju ke paru-paru.

Ketika seseorang sering mengalami mengi ketika megembuskan napas, ada baiknya untuk waspada. Sebab, bisa jadi itu merupakan tanda awal penyakit paru-paru, seperti:
Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
Asma Kanker paru-paru

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.