Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanda Paru-paru Tidak Sehat, dari Sesak hingga Batuk Berdarah

Kompas.com - 14/05/2022, 09:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Paru-paru adalah salah satu organ paling vital di tubuh manusia. Sebab ia merupakan organ pernapasan utama bagi manusia, di mana salah satu fungsinya adalah menyebarkan oksigen ke dalam tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida.

Karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan kesehatan paru-paru. Ketika paru-paru dalam kondisi yang tidak sehat, dampaknya bisa berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian.

Salah satu cara untuk menjaga kondisi paru-paru adalah dengan mengetahui tanda-tanda paru-paru tidak sehat sejak dini. Dikutip dari Lung Foundation, setidaknya ada 6 tanda paru-paru tidak sehat yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Tanda-tanda Paru-paru Tidak Sehat

1. Sesak napas

Tanda paru-paru tidak sehat yang pertama adalah sesak napas. Sesak napas memang merupakan gejala umum dari penyakit paru-paru.

Namun itu bukan berarti penderita sesak napas mengalami penyakit paru-paru. Beberapa penyebab lain dari sesak napas di antaranya:

  • Faktor penuaan
  • Kelebihan berat badan
  • Kondisi tidak fit

Sebagian orang merasa sesak napas ketika sedang berlari, berolahraga, atau aktivitas lainnya yang membutuhkan banyak oksigen dan energi. Mengalami sesak napas ketika kondisi-kondisi tersebut merupakan hal yang normal terjadi.

Namun apabila Anda mengalami sesak napas saat tubuh tidak melakukan aktivitas fisik yang berat, bisa jadi itu merupakan tanda-tanda paru-paru tidak sehat. Saat itu terjadi, disarankan segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan cepat yang tepat.

Ilustrasi sesak napas, ciri-ciri penyakit paru-paruShutterstock/Grigvovan Ilustrasi sesak napas, ciri-ciri penyakit paru-paru

2. Mengi

Selain sesak napas, tanda-tanda paru-paru tidak sehat berikutnya adalah mengi. Mengi adalah suara siulan bernada tinggi yang muncul ketika Anda bernapas, biasanya terdengar saat mengembuskan napas.

Mengi disebabkan oleh saluran udara yang terbatas lantaran penyempitan atau penyumbatan pada saluran udara yang menuju ke paru-paru.

Ketika seseorang sering mengalami mengi ketika megembuskan napas, ada baiknya untuk waspada. Sebab, bisa jadi itu merupakan tanda awal penyakit paru-paru, seperti:
Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
Asma Kanker paru-paru

Meski begitu, mengi juga bisa disebabkan oleh faktor lain di antaranya infeksi saluran pernapasan karena virus atau bakteri.

Baca juga: 8 Cara Alami Membersihkan Paru-paru

3. Infeksi dada

Infeksi dada adalah infeksi paru-paru. Jika infeksi di kantung udara yang lebih kecil dari paru-paru (alveoli) disebut pneumonia. Jika infeksi di saluran udara yang lebih besar (bronkus) disebut bronkitis.

Kondisi ini terjadi karena saluran udara bengkak dan membuat lebih banyak lendir atau nanah saluran udara tersumbat dan menyebabkan orang sulit bernapas.

Ada dua penyebab infeksi dada yakni bakteri dan virus. Infeksi dada yang disebabkan oleh bakteri adalah pneumonia. Sedangkan yang disebabkan oleh virus adalah bronkitis sering disebabkan oleh virus. Kadang-kadang, infeksi dada juga dapat disebabkan oleh jamur.

4. Produksi lendir

Tanda-tanda paru-paru tidak sehat berikutnya adalah produksi lendir yang berlebih. Lendir atau dikenal juga dengan sebutan dahak ini diproduksi oleh saluran udara sebagai pertahanan terhadap infeksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com