Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Malam Lailatul Qadar serta Keistimewaannya

Kompas.com - 23/04/2022, 20:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan menjadi istimewa bagi umat Islam bukan hanya karena ibadah puasa dan berbagai tradisi yang dilakukan pada bulan tersebut.

Akan tetapi, pada bulan Ramadhan, terdapat banyak rahmat dan pahala yang bisa diraih Muslim yang memperbanyak ibadah, seperti shalat, zikir, membaca Al Quran, dan yang lainnya.

Selain itu, pada bulan Ramadhan juga terdapat malam Lailatul Qadar yang disebut sebagai malam seribu bulan, sebab pada malam itu, ibadah yang dilakukan setara dengan ibadah selama seribu bulan.

Kapan malam Lailatul Qadar?

Tidak ada yang mengetahui pasti kapan malam Lailatul Qadar tiba, sebab kehadiran malam Lailatul Qadar dirahasiakan oleh Allah.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (18/4/2022), Ketua Bidang Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), Cholil Nafis mengatakan, malam Lailatul Qadar bisa tiba pada tanggal ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Baca juga: 5 Aplikasi Baca Al Quran, Bantu Maksimalkan Ibadah di Bulan Ramadhan

Meski begitu, Cholil berpesan agar masyarakat tidak hanya fokus beribadah pada malam tersebut untuk mendapatkan keistimewaan malam Lailatul Qadar.

Menurut Cholil, ibadah harus dilakukan secara konsisten pada malam apa pun, sehingga tidak hanya mengincar malam Lailatul Qadar.

"Bisa 21, bisa 23, bisa 25, 27, 29, tetapi tetap harus stabil dalam beribadah," kata Cholil.

Terdapat dua pendapat mengenai orang yang memperoleh kemuliaan malam Lailatul Qadar, yang pertama yakni orang beriman dan berhati ikhlas.

Pendapat kedua, orang yang memperoleh kemuliaan Lailatul Qadar adalah siapa pun yang beribadah saat malam Lailatul Qadar tiba.

Baca juga: Tahun 2030 Umat Islam Rayakan 2 Kali Ramadhan dalam Setahun, Ini Penyebabnya

Ciri-ciri malam Lailatul Qadar

Cholil menjelaskan, terdapat beberapa ciri yang dapat mengindikasikan kehadiran malam Lailatul Qadar, seperti suatu malam yang hening dengan angin yang tidak berembus.

"Ciri-cirinya, malam itu hening, angin juga tidak berembus, tenang, tidak mendung, cerah. Paginya terbit matahari cerah tapi tidak menyengat, dan bagi perasa tertentu, dia akan merasakan seakan-akan baru selesai hajatan," kata Cholil.

Keistimewaan malam Lailatul Qadar

Umat Islam biasanya melakukan berbagai ibadah untuk mendapatkan keistimewaan malam Lailatul Qadar.

"Yang kita lakukan tentu shalat diperbanyak, baca Al Quran, baca istigfar, zikir, shalawat, dan doa kepada Allah SWT," ujar Cholil.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com pada Senin (11/5/2020), berikut ini beberapa keistimewaan malam Lailatul Qadar:

Baca juga: Jadi Tradisi di Bulan Ramadhan, Ini Asal-usul ‘Ngabuburit’

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com