Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi untuk Cek Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa di bulan Ramadhan

Kompas.com - 03/04/2022, 21:30 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Sebelum memulai puasa, aktivitas rutin yang dilakukan adalah sahur atau makan secukupnya agar tubuh kuat menahan lapar dan haus selama berpuasa.

Sahur biasanya dilakukan sekitar dini hari menjelang subuh. Agar tidak telat bangun sahur, penting untuk mengetahui jadwal Imsakiyah selama bulan Ramadhan.

Jadwal imsak sendiri merupakan waktu dimulainya ibadah puasa, biasanya ditandai dengan dikumandangkannya azan shalat Subuh

Saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan jadwal Imsakiyah sekaligus jadwal buka puasa Ramadhan. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu bingung untuk memeriksa jadwal imsak dan buka puasa.

Baca juga: 5 Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 untuk iPhone dan Android

Aplikasi jadwal imsak dan buka puasa ini bisa diunduh secara gratis di layanan Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Berikut ini adalah 5 aplikasi jadwal imsakiyah dan buka puasa di bulan Ramadhan.

1. Athan Pro

Ilustrasi aplikasi Athan ProApp Store Ilustrasi aplikasi Athan Pro

Aplikasi cek jadwal imsakiyah dan buka puasa yang pertama adalah Athan Pro. Aplikasi ini memiliki fitur yang bisa digunakan untuk menentukan awal dan akhir puasa.

Tak hanya jadwal imsakiyah dan buka puasa., pengguna aplikasi ini juga disajikan jadwal waktu shalat secara lengkap.

Fitur lainnya yang bisa menunjang ibadah di bulan Ramadhan adalah bacaan Al Quran yang dapat memudahkan pengguna dalam mengaji.

2. Muslim Go

Ilustrasi aplikasi Muslim GoApp Store Ilustrasi aplikasi Muslim Go

Berikutnya ada aplikasi Muslim Go. Seperti halnya Athan Pro, aplikasi cek jadwal imsak yang satu ini juga menyediakan jadwal ibadah shalat yang bakal diperbarui setiap harinya.

Notifikasi dan suara azan sebagai penanda masuknya waktu ibadah juga disesuaikan dengan lokasi pengguna berada. Selain itu, aplikasi juga bisa mencari arah kiblat.

Untuk menunjang ibadah di bulan Ramadhan, Muslim Go memiliki fitur-fitur seperti kumpulan doa, niat shalat sunnah, serta artikel tentang fiqih dan aqidah.

Aplikasi ini diklaim memiliki fitur Al Quran dengan mushaf yang terverifikasi dan bersumber dari Tanzil.net.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com