Daftar Negara Terkaya di Dunia, Ada yang Karena Pariwisata Perjudian

Kompas.com - 13/02/2022, 12:22 WIB

KOMPAS.com -Terdapat sejumlah cara untuk mengukur seberapa kaya suatu negara. World Atlas memiliki daftar negara-negara terkaya di dunia mengacu pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Luksemburg menjadi yang teratas dalam daftar negara terkaya di dunia, lantaran dikenal sebagai negara dengan tingkat pendapatan tinggi dan tingkat pengangguran yang rendah.

Peringkat kedua diduduki oleh Singapura. Meski tak memiliki Sumber Daya Alam (SDA) sebesar Indonesia, perekonomian Singapura melesat berkat bidang manufaktur, jasa, teknik transportasi, dan logistik, serta bidang elektronik, bioteknologi, dan bahan kimia yang menjadi ekspor utama negara itu.

Qatar menduduki peringkat ketiga sebagai negara terkaya. Qatar dikenal sebagai salah satu negara terbesar pengekspor minyak dunia.

Sementara Amerika Serikat yang memiliki tanah yang kaya sumber daya dengan ekonomi terbesar di dunia menempati urutan ke-8 dalam daftar World Atlas pada November 2021.

Baca juga: 10 Orang Terkaya di Dunia

Menghitung kekayaan suatu negara

World Atlas melihat PDB per kapita (PDB dibagi dengan jumlah penduduk) sebagai tolak ukurnya, untuk memberikan wawasan tentang kualitas hidup di suatu negara.

Jika PDB per kapita tinggi, ini sering kali dapat menunjukkan kekayaan dan kemakmuran penduduk negara tersebut. 

Berikut adalah peringkat 15 negara terkaya di dunia, menurut PDB per kapita menggunakan Purchasing Power Parity (PPP), penghitungan ekonomi makro yang memungkinkan perbandingan lebih langsung antara produktivitas ekonomi dan standar hidup antar negara:

1. Luksemburg ( 120.962 dollar AS setara Rp 1,73 miliar) ; 629,191 jiwa

2. Singapura ( 101.936 dollar AS setara Rp 1,46 miliar) ; 5,866,407 jiwa

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.