Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Tanaman yang Ampuh Usir Lalat, Bisa Ditanam di Sekitar Rumah

Kompas.com - 05/02/2022, 23:45 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Lalat menjadi salah satu jenis serangga yang kerap sekali menggangu keberadaan di banyak tempat, termasuk di rumah.

Sebagian besar orang masih mengandalkan bahan-bahan kimiawi yang mengandung pestisida untuk mengusir lalat-lalat tersebut, padahal senyawa kimiawi ini jelas membahayakan tidak hanya bagi serangga itu tetapi semua orang yang secara tidak sadar juga terpapar zat beracun berbahaya itu.

Nah, jika Anda termasuk yang biasa menggunakan pestisida untuk mengusir lalat. Sebaiknya cobalah beberapa tanaman alami yang mampu membantu mengusir serangga penganggu seperti lalat di rumah tanpa membahayakan Anda dan keluarga.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Senin (31/1/2022), beberapa tanaman baik karena bau dan minyak yang kuat secara alami yang ada di dalamnya dapat membantu menyingkirkan nyamuk, lalat, dan serangga lain di halaman atau tempat-tempat lain sekitar rumah Anda.

Berikut adalah 5 tanaman pengusir lalat secara alami di halaman rumah.

Baca juga: 5 Tanaman Pengusir Lalat Secara Alami di Halaman Rumah

1. Kemangi

Tanam tanaman pengusir nyamuk yang luar biasa ini sebagai hiasan di meja teras atau di tanah halaman rumah Anda.
Berguna sebagai pengusir serangga maupun bahan makanan, kemangi mudah tumbuh dari biji atau transplantasi.

Ada banyak varietas kemangi dan semuanya mengusir serangga, jadi pilihlah varietas yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Mint

Selain lalat, tikus juga akan jauh dengan bantuan tanaman. Varietas mint, seperti peppermint, dapat mencegah tikus di rumah Anda.

Hama, seperti nyamuk, semut, lalat, dan hewan pengerat lainnya, seperti tikus, tidak akan ada lagi dengan tanaman ini diletakkan di halaman rumah atau teras rumah.

Mint bisa dalam bentuk daun yang dihancurkan, minyak, semprotan, atau bahkan permen karet mint untuk mengusir hama.

Untuk mencegah kehadiran semut, tinggalkan kantong teh mint di area tempat semut biasa beraktivitas di rumah.

3. Pennyroyal

Tanaman pennyroyal (Mentha pulegium) dapat ditanam sebagai 'rumput' herbal di tempat yang cerah hingga teduh. Daunnya memancarkan aroma mint yang menyenangkan dan penolak kutu dan nyamuk.

Bunga ungu muda kecil sering muncul selama cuaca hangat. Tanam pennyroyal di antara konblok untuk mencegah semut dan melembutkan tampilan permukaan yang keras di area tanpa rumput.

Mereka akan tumbuh subur dan membutuhkan pemotongan terus-menerus, tetapi semut dan lalat membencinya.

4. Rosemary

Baca juga: Kutu Putih hingga Lalat Buah, 5 Hama pada Mangga dan Cara Mengatasinya

Rosemary tidak hanya tambahan yang fantastis dalam hidangan. Namun, aromanya yang kuat dapat mengalahkan aroma tanaman lain, yang membingungkan dan menghalangi serangga seperti lalat wortel, kutu kebul, ngengat, dan bahkan gegat.

Dengan demikian, menjadikan rosemary sebagai pilihan favorit dan populer di kebun sayur.

5. Daisy Pyrethrum

Daisy Pyrethrum (Chrysanthemum cinerariifolium) banyak ditanam karena sifatnya yang unik. Bunganya mengandung insektisida alami tingkat tinggi yang digunakan dalam semprotan rumah tangga dan produk taman.

Sering ditanam sebagai tanaman hias, daisy piretrum mudah tumbuh. Yang mereka butuhkan hanyalah banyak sinar matahari dan percikan air saat hujan reda.

(Sumber: Kompas.com Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com