Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Memicu Serangan Jantung, Hindari 7 Kebiasaan Ini

Kompas.com - 30/01/2022, 22:35 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Jantung merupakan organ vital di dalam tubuh manusia. Ketika jantung tidak dapat bekerja secara optimal, maka kerja organ-organ tubuh lainnya juga akan terganggu.

Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan jantung yang perlu dilakukan adalah menjalani gaya hidup yang sehat, seperti berolahraga secara teratur dan makan makanan yang sehat.

Sayangnya, ada beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari malah dapat memicu serangan jantung. Padahal serangan jantung termasuk penyakit yang sangat mematikan.

Dikutip dari Every Health, berikut ini adalah tujuh kebiasaan yang dapat memicu serangan jantung.

Baca juga: Waspada Henti Jantung di Usia Muda, Ini Penyebab dan Gejalanya

1. Duduk sepanjang hari

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Januari 2014 di American Heart Association (AHA), jurnal "Circulation: Heart Failure", Orang yang memiliki kebiasaan duduk selama 5 jam atau lebih memiliki risiko terkena serangan jantung 2kali lipat dibandingkan mereka yang aktif bergerak.

Karena itu, jika Anda diharuskan bekerja di depan komputer dan duduk sepanjang hari, jangan lupa untuk sempatkan sesekali berdiri atau setidaknya berjalan-jalan sedikit selama 5 menit setiap jamnya.

Perubahan kecil dalam rutinitas tersebut bermanfaat untuk melindungi diri terhadap efek negatif tubuh yang tidak banyak bergerak, seperti menjaga arteri fleksibel dan darah mengalir dengan baik.

2. Terlalu banyak minum alkohol

Kebiasaan terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol juga berdampak buruk pada kondisi jantung. Sebab, kebiasaan minum alkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, hingga obesitas.

Kondisi-kondisi tersebut meningkatkan risiko penyakit jantung. AHA melaporkan bahwa minum alkohol berlebihan dapat mengganggu ritme jantung normal individu dan menyebabkan gagal jantung.

Baca juga: 7 Kebiasaan Sepele yang Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Efek buruk alkohol tidak hanya terhadap organ hati. Jika mencari daftar makanan penyebab perut buncit, alkohol adalah salah satunya -meski ini tergolong kelompok minuman.SHUTTERSTOCK Efek buruk alkohol tidak hanya terhadap organ hati. Jika mencari daftar makanan penyebab perut buncit, alkohol adalah salah satunya -meski ini tergolong kelompok minuman.

3. Sering stres

Hindari stres berlebihan agar kondisi jantung tidak memburuk. Mengutip Everyday Health, stres dapat memacu tubuh untuk melepaskan adrenalin, yang untuk sementara memengaruhi fungsi tubuh, yakni:

  • Detak jantung meningkat
  • Tekanan darah meningkat.

Selain itu, terlalu banyak stres juga dapat merusak pembuluh darah di jantung sehingga meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Untuk mengurangi stres, Anda bisa mencoba berbagi cerita dengan orang-orang terdekat yang Anda percaya. Olahraga juga bisa meredakan ketegangan mental.

Ilustrasi stres.FREEPIK Ilustrasi stres.

4. Jarang membersihkan gigi dan mulut

Kevin R Campbell, ahli elektrofisiologi jantung di North Carolina Heart and Vascular, UNC Health Care di Raleigh menuturkan, bakteri yang terkait dengan penyakit gusi dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan peradangan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Untuk mencegah bakteri pada gigi dan mulut, selain dengan sikat gigi, Anda bisa melakukan flossing.

Flossing adalah membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi dengan menggunakan benang gigi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com