Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Membasmi Kutu Kasur

Kompas.com - 29/01/2022, 20:10 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kutu kasur atau dikenal juga dengan nama tungau bukanlah hewan yang bisa disepelekan. Meski memiliki bentuk yang kecil, kutu kasur bisa menyebabkan masalah di kemudian hari.

Dikutip dari berita Kompas.com (18/2/2018), kotoran hewan yang biasa hinggap di serat-serat kasur ini mengandung sisa bahan kimia yang digunakan untuk memusnahkannya.

Sisa bahan kimia ini membuat histamin atau zat yang dapat menimbulkan reaksi alergi seperti ruam dan masalah pernapasan.

Baca juga: Waspada Kutu Busuk di Kasur, Ini Hal yang Perlu Diketahui

Bukan hanya kotorannya, kutu kasur juga dapat menggigit kita untuk mengisap darah. Hal ini dapat menyebabkan gatal dan ruam yang mengganggu, dalam beberapa kasus bahkan terjadi reaksi alergi serius.

Karena itu, keberadaan hama yang satu ini perlu disingkirkan. Tak perlu khawatir, untuk membasmi kutu kasur, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya.

Ilustrasi gigitan tungau Ilustrasi gigitan tungau

Ciri-ciri keberadaan kutu kasur

Sebelum masuk ke cara membasmi kutu kasur, ketahui dulu tanda-tanda keberadaan serangga yang satu ini. Lantaran ukuran tubuhnya yang kecil, tidak mudah mendeteksi keberadaan kutu kasur.

Dilansir dari WebMD, beberapa ciri keberadaan kutu kasur adalah seperti berikut ini:

  1. Anda sering terbangun karena gatal-gatal di permukaan kulit.
  2. Sering ditemukan adanya noda darah di permukaan sprei atau penutup kasur.
  3. Ada noda kecoklatan atau kehitaman di permukaan kasur, yang adalah noda kotoran dari kutu kasur.
  4. Ada bau khas apek dari sudut-sudut kasur yang biasa digunakan bersembunyi oleh kawanan kutu kasur.

Ketika Anda menemukan beberapa tanda di atas, bisa dipastikan kutu kasur sudah menghuni tempat tidur Anda.

Baca juga: Tips Mendeteksi Kutu Kasur dan Cara Mudah Membasminya

Cara membasmi kutu kasur

Selanjutnya adalah cara membasmi kutu kasur. Tungau bisa hinggap di tempat Anda beristirahat melalui banyak jalan masuk.

Dia bisa menempel di koper-koper pakaian yang baru saja Anda gunakan untuk bepergian. Kutu kasur juga dapat menempel di pakaian yang baru saja Anda kenakan untuk beraktivitas di luar rumah.

Ketika masuk ke dalam rumah, kutu kasur bisa langsung menempel di tempat tidur, di dinding, di lantai, dan masih banyak lagi.

Menjemur kasur bisa digunakan untuk mengusir kutu kasur.Unsplash/Dieter Menjemur kasur bisa digunakan untuk mengusir kutu kasur.

Baca juga: Hindari Kutu Kasur, Jangan Pakai Seprai Warna Ini!

Apabila tanda-tanda keberadaan kutu kasur sudah mulai terasa, segera lakukan langkah berikut ini untuk membasminya:

  1. Ambil sprei, pakaian, boneka, dan benda-benda terbuat dari kain lainnya yang dekat dengan tempat tidur. Cuci dengan air panas dan keringkan menggunakan setelan tertinggi mesin cuci.
  2. Ambil sikat, kemudian gunakan untuk menyikat permukaan kasur. Sikat seluruh sudut-sudutnya agar seluruh kutu bisa lepas dari permukaan kasur.
  3. Bersihkan kasur dengan vacuum cleaner secara teliti hingga ke sudut-sudutnya.
  4. Jemur kasur selama beberapa jam agar kutu pergi dari permukaan kasur.
  5. Tutup kasur dengan penutup kain yang rapat, jangan lepaskan selama kurang lebih setahun lamanya. Kutu kasur hanya bisa bertahan setahun tanpa makan atau menghisap darah.

Tak cukup sampai di situ, untuk memastikan keberadaan kutu kasur sudah benar-benar hilang, bersihkan sudut-sudut kamar termasuk lemari pakaian dengan cermat dan teliti. Karena kutu kasur ini bisa bersembunyi di mana pun, terutama di serat-serat kain.

(Sumber:Kompas.com/Inten Esti Pratiwi | Editor: Inten Esti Pratiwi)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com