Ular Pucuk, Bisa Capai 2 Meter dan Banyak Ditemukan di Permukiman

Kompas.com - 22/01/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Ular Pucuk yang disebut juga oriental whip snake atau asian vine snake adalah salah satu jenis ular yang banyak ditemukan di permukiman warga.

Meskipun berbisa, namun ular Pucuk dianggap tidak berbahaya. Oleh sebab itu, masyarakat tak perlu panik ketika hewan melata jenis ini ada di sekitarnya.

Bentuk tubuh ular pucuk

Ular pucuk memiliki tubuh ramping dan panjang. Salah satu spesies ular Pucuk yang paling banyak ditemukan adalah ular gadung atau Ahaetulla prasina.

Ular yang biasa hidup di pohon ini dinamakan ular gadung karena tubuhnya mirip dengan pucuk tanaman gadung (Dioscorea hispida).

Ular Pucuk dapat tumbuh hingga dua meter, meski yang paling banyak ditemukan hanya mencapai satu meter.

Baca juga: Ular Bisa Memakan Dirinya Sendiri, Salah Satu Penyebabnya Adalah Stres

Ular Pucuk mempunyai mata berukuran cukup besar dengan pupil berbentuk horizontal, sedangkan kepalanya tampak runcing seperti anak panah.

Saat masih kecil, ular ini memiliki warna yang bervariasi yaitu cokelat, kuning, dan hijau. Akan tetapi, saat tumbuh dewasa, warna ular Pucuk berwarna hijau daun dengan garis kuning tipis di bagian sisi tubuhnya.

Habitat dan perilaku ular Pucuk

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (18/1/2022), habitat ular Pucuk antara lain hutan pegunungan, hutan kering, sawah, perkebunan, pohon, serta taman kota.

Ular ini pun tak jarang ditemukan di pekarangan rumah yang dipenuhi pepohonan atau tanaman.

Ular Pucuk banyak ditemukan di negara-negara Asia, seperti China, India, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Laos.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.