Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Membersihkan Lantai dan Dinding Kamar Mandi dengan Cuka

Kompas.com - 08/01/2022, 08:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Cuka memiliki banyak manfaat tak terduga. Selain untuk penambah cita rasa makanan, cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai dan keramik kamar mandi.

Cuka putih dapat mengatasi kotoran, endapan air panas, buih sabun, dan jamur yang menempel di lantai dan dinding kamar mandi berbahan keramik, porselen, vinil, dan ubin laminasi.

Akan tetapi, lantai atau dinding yang terbuat dari marmer, travertine, dan granit, lebih baik tidak dibersihkan menggunakan bahan pembersih yang bersifat asam seperti cuka karena dapat merusaknya.

Dilansir dari Hunker, sebagaimana yang diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (28/12/2021), berikut ini cara membersihkan lantai dan dinding keramik kamar mandi menggunakan cuka.

Baca juga: Tips Ampuh Membersihkan Jamur di Kamar Mandi dengan Bahan Sederhana

1. Tuang satu cangkir cuka putih ke dalam ember berisi sekira 3 liter air hangat.

2. Celupkan spons bersih ke dalam larutan. Pastikan mengenakan sarung tangan karet terlebih dahulu saat melakukannya.

3. Gosok lantai dan dinding kamar mandi menggunakan spons yang telah dibasahi larutan cuka dan air. Tambahkan sedikit cuka langsung ke spons untuk area yang berjamur.

4. Bersihkan lantai keramik kemudian pel dengan larutan dari cuka dan air. Diamkan selama 5 hingga 10 menit agar cuka bisa membunuh jamur secara optimal.

Baca juga: Tak Perlu Dibongkar, Begini 5 Cara Membersihkan Kipas Angin

5. Bilas lantai menggunakan spons yang telah dibasahi dengan air bersih dan pel lantai dengan air bersih untuk membilas larutan air cuka.

(Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com