Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Gejala Utama Infeksi Varian Omicron Menurut Peneliti

Kompas.com - 01/01/2022, 19:51 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Masyarakat yang sedang terinfeksi virus Corona kini dapat melaporkan gejala yang dialaminya di aplikasi Covid symtomp study yang bisa diunduh melalui smartphone.

Berdasarkan laporan di aplikasi tersebut, para peneliti pun berhasil melacak berbagai gejala infeksi Covid-19, termasuk varian Omicron.

Dilansir dari Vox melalui KOMPAS.com, peneliti telah mengumpulkan data awal dari 171 pengguna di Inggris yang sebagian besar sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19 namun dikonfirmasi terinfeksi virus Corona varian Omicron.

Berdasarkan laporan mereka, terdapat beberapa gejala utama infeksi varian Omicron, yakni:

Baca juga: Hoaks Istilah Delmicron, Epidemiolog: Konspirasi antara Varian Delta dan Omicron

- Pilek

- Sakit kepala

- Kelelahan

- Bersin-bersin

- Sakit tenggorokan

Berdasarkan laporan tersebut, peneliti mengatakan, gejala infeksi varian Omicron serupa dengan gejala utama yang dialami oleh pasien infeksi varian Delta.

Sementara itu, hanya setengah dari total 171 laporan, yang mengalami gejala berupa demam, batuk, atau kehilangan kemampuan perasa maupun penciuman (anosmia).

"(Laporan) gejala itu memang berbeda dari tiga gejala Covid-19 yaitu demam, batuk, dan hilangnya indera penciuman atau perasa terkait dengan varian sebelumnya," kata para peneliti.

Baca juga: Naik Jadi 30 Kasus, Ini Gejala Orang yang Terkena Omicron

Menurut profesor epidemiologi di King's College London, Tim Spector, gejala yang dialami kebanyakan orang yang terinfeksi varian Omicron akan terasa seperti flu biasa, dimulai dengan sakit tenggorokan, pilek, dan sakit kepala.

“Kita perlu segera mengubah pesan kepada publik untuk menyelamatkan nyawa,” ujar Spector yang merupakan penulis utama studi tersebut.

Para peneliti di Norwegia juga melaporkan temuan serupa terkait gejala virus Corona varian Omicron di tamu pesta Natal yang telah menerima vaksin Covid-19.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com