Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Nama Jadi Meta, Facebook Ditagih Sebesar Rp 287 Miliar

Kompas.com - 07/11/2021, 17:15 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Facebook telah resmi berganti nama menjadi Meta pada pekan lalu. Nama baru itu pun telah menjadi brand baru untuk perusahaan yang menaungi media sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Akan tetapi, pergantian nama Facebook menjadi Meta itu justru menjadi masalah.

Nama "Meta" ternyata sudah lebih dulu digunakan oleh perusahaan Meta PC LLC yang memproduksi komputer, laptop, tablet, software, dan produk teknologi lainnya.

Potensi konflik kepemilikan hak atas merek dagang "Meta" antara Facebook dengan Meta PC pun mencuat, sebab Meta PC telah mengajukan trademark "Meta" secara resmi ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) pada Agustus 2021.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Sabtu (6/11/2021), pendiri Meta PC, Zack Shutt dan Joe Darger mengatakan, mereka bersedia melepas nama Meta jika Facebook bersedia membayar uang senilai 20 juta dollar AS atau sekitar Rp 287 miliar.

Permintaan bos Meta PC itu memang cukup tinggi, namun Facebook harus membayar biaya yang lebih besar lagi jika harus kembali berganti nama.

Baca juga: Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Bagaimana Nasib WhatsApp dan Instagram?

Profil Meta PC

Meta PC didirikan pada November 2020. Perusahaan yang baru memiliki 25 orang karyawan ini mengajukan trademark untuk melindungi merek dagangnya pada pertengahan 2021.

Para petinggi Meta PC

Meski berpotensi muncul konflik dengan Facebook, petinggi Meta PC masih bisa menanggapinya dengan humor.

Akhir bulan Oktober lalu, akun resmi Meta PC di Twitter mengunggah video candaan yang memparodikan cara CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengumumkan nama baru perusahaannya.

"Untuk merefleksikan siapa diri kami dan apa yang kami ingin bangun, saya dengan bangga mengumumkan bahwa kami sekarang bernama Facebook," ujar Zack Shutt dalam video tersebut.

Kesamaan nama Meta PC dengan Meta Inc (Facebook) berdampak bagi peningkatan jumlah follower Meta PC di media sosial sebanyak 5.000 persen.

Baca juga: Resmi Ganti Nama Jadi Meta, Apa Bedanya dengan Facebook?

Sementara itu, dilansir dari TMZ melalui KOMPAS.com, Facebook terkesan tenang dalam menghadapi tuntutan dari Meta PC.

Menurut sumber yang dekat dengan persoalan ini mengatakan, Facebook yakin memiliki hak yang diperlukan untuk memakai nama Meta.

(Penulis: Galuh Putri Riyanto | Editor: Oik Yusuf)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com