Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Bagaimana Nasib WhatsApp dan Instagram?

Kompas.com - 31/10/2021, 14:05 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Mark Zuckerberg mengumumkan penggantian nama Facebook Inc.. menjadi Meta pada Kamis, (28/10/2021). Founder Facebook itu menyampaikannya dalam Konferensi tahunan Facebook Connect 2021.

Zuckerberg menuturkan, penggantian nama dari Facebook Inc.. menjadi Meta, merupakan perwujudan ambisinya yang ingin membangun "Metaverse", sebuah realitas baru yang akan mengaburkan batas antara dunia fisik dan dunia virtual.

"Sebagai bagian dari upaya (mengembangkan “Metaverse”) ini, telah tiba saatnya bagi kami untuk mengadopsi merek perusahaan baru untuk mencakup semua yang kami lakukan, serta mencerminkan dan apa yang ingin kami bangun," jelas Zuckerberg.

Baca juga: Facebook Ganti Nama jadi Meta, Inilah Ambisi Marc Zuckerberg

Facebook Inc merupakan perusahaan yang membawahi beberapa media sosial populer, di antaranya Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Lalu, setelah penggantian nama perusahaan induk ini, apa yang terjadi dengan media-media sosial di bawahnya?

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Jumat (29/10/2021), Zuckerberg menjelaskan, perubahan nama ini hanya berlaku untuk induk perusahaan saja yakni Facebook Inc..

Karena itu platform media sosial yang berada di naungan Facebook Inc.. seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp tetap mempertahankan namanya.

Sehingga perubahan nama Facebook Inc. menjadi Meta, lanjut Zuckerberg, juga tidak akan memengaruhi fungsi dari produk media sosial yang berada di bawah naungannya.

Pengguna tetap dapat menggunakan Facebook seperti semula dan dapat menyebut aplikasi media sosial ini dengan nama aslinya.

Hal serupa turut berlaku untuk Instagram, WhatsApp, dan beragam produk Facebook Inc. lainnya.

Baca juga: Nama Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp Ganti Jadi Meta?

Ilustrasi WhatsAppThe Verge Ilustrasi WhatsApp

Mengubah citra media sosial

Dalam sesi wawancara bersama The Verge, Zuckerberg mengungkapkan sejumlah alasan di balik perubahan nama perusahaan yang ia dirikan 17 tahun lalu itu.

Selain untuk menyesuaikan dengan visi masa depan, yakni mengembangkan “Metaverse”, alasan lainnya adalah mengubah citra media sosial yang sudah sangat lekat dengan Facebook.

“Bagi kami, (Facebook Inc) ini bukan hanya tentang media sosial, dan kami semakin bergerak lebih dari itu. (Menggunakan nama Facebook Inc) rasanya seperti brand perusahaan terikat dengan ide media sosial dan salah satu produk spesifik (Facebook) yang kami bangun di sana," kata Zuckerberg.

Tak hanya itu, lini usaha yang bernaung di bawah Facebook juga merupakan brand media sosial lain yang tak kalah populer seperti WhatsApp dan Instagram.

Baca juga: 3 Alasan Facebook Ganti Nama Jadi Meta

Sehingga, menurut Zuck, nama Facebook Inc. saat ini juga tak lagi cukup merepresentasikan visi perusahaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com