Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinopsis Film The Lighthouse, Kisah Dua Penjaga Mercusuar yang Tayang di Netflix

Kompas.com - 07/11/2021, 16:10 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Anda yang menyukai film bergenre thriller psikologis, kini bisa menyaksikan “The Lighthouse” di layanan streaming Netflix. The Lighthouse merupakan film psychological thriller yang dibintangi oleh Willem Dafoe dan Robert Pattinson.

Film ini tayang perdana di Festival Film Cannes ke-72 pada 19 Mei dan rilis secara teatrikal pada 18 Oktober 2019 oleh A24.

Yang unik dari The Lighthouse adalah, film ini ditampilkan dalam format bergambar hitam putih. Hal itu semakin menguatkan cerita dalam film karya Sutradara Robert Eggers ini yang berlatar waktu tahun 1890-an.

Baca juga: Sinopsis “Oldboy”, Film Legendaris Korea Selatan yang Sedang Tayang di Bioskop Indonesia

Sinopsis film The Lighthouse

The Lighthouse bercerita tentang dua penjaga mercusuar yang bertugas di sebuah pulau kecil di New England di tahun 1890-an. Keduanya yakni Thomas Wake (Willem Dafoe) dan rekannya Ephraim Winslow (Robert Pattinson).

Hanya saja, Wake menaruh curiga Ephraim Winslow yang dulunya merupakan seorang tukang kayu. Ia meyakini Winslow mungkin telah melarikan diri dari sesuatu.

Karena itu, Wake memperlakukan Winslow secara semena-mena bahkan seperti budak. Mulai dari kekerasan verbal, tugas-tugas berat seperti menggosok lantai, mengumpulkan kayu bakar, hingga membawa tong minyak yang sangat berat.

Selama bertugas, Wake melarang Winslow untuk memasuki mercusuar. Ini kemudian menimbulkan pertanyaan dalam benak Winslow mengapa dirinya tidak boleh masuk ke dalam mercusuar tersebut.

Baca juga: Sinopsis Si Doel The Movie 2, Dilema Doel Pilih Zaenab atau Sarah?

Perlahan-lahan, hubungan antar keduanya berangsur membaik, terlebih setelah mereka menghabiskan waktu dengan minum bersama.

Meski begitu, larangan Wake kepada Winslow untuk masuk ke dalam mercusuar tersebut, semakin meyakinkan Winslow bahwa Wake menyimpan rahasia yang besar.

Rahasia apa yang berada di mercusuar tersebut? Misteri itu yang kian membuat The Lighthouse menjadi tontonan yang menarik.

Kekuatan The Lighthouse terletak pada interaksi intensif antara dua aktor utamanya yakni Willem Dafoe dan Robert Pattinson. Ditambah dengan visual dan editing yang baik, The Lighthouse menampilkan sebuah tontonan psychological thriller yang menarik.

Baca juga: Sinopsis Film Loving Pablo, Pablo Escobar Jalin Cinta Terlarang dengan Virginia Vallejo

Nuansa horor juga terasa di The Lighthouse kendati bukan jumpscare yang menakutkan. Dengan tampilan warna hitam putih dan rasio layar 1.19:1, membuat suasana akhir abad ke-19 nya menjadi lebih terasa.

Terbukti dengan dinominasikannya film berdurasi 109 menit ini di kategori Sinematografi Terbaik pada ajang Academy Awards ke-92.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com