Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Wilayah Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

Kompas.com - 30/10/2021, 17:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini waspada potensi cuaca ekstrem selama pekan ini.

Peringatan tersebut disampaikan setelah BMKG berhasil mendeteksi dua bibit siklon tropis.

BMKG melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) memantau dua bibit siklon tropis yang tumbuh di Belahan Bumi Utara (BBU) Indonesia.

Dua bibit siklon tropis yang terdeteksi oleh BMKG itu adalah bibit siklon tropis 98W dan bibit siklon tropis 99W.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (25/10/2021), Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto MSi mengatakan, kedua bibit siklon tropis itu bergerak ke arah Utara-Barat Laut menjauhi wilayah Indonesia.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Keladi di Musim Hujan

"Bibit Siklon 98W dan 99W bergerak ke arah Utara-Barat Laut menjauhi wilayah Indonesia dan diprakirakan intensitas keduanya meningkat dalam 24 jam ke depan," ujar Guswanto.

Kedua bibit siklon tropis itu juga secara tidak langsung berdampak terhadap cuaca di Indonesia, seperti hujan intensitas sedang hingga lebat dan gelombang tinggi yang bisa mencapai ketinggian 4 meter di sejumlah perairan Indonesia.

Guswanto menambahkan, selain dampak tidak langsung dari kedua bibit siklon tropis, risiko terjadinya cuaca ekstrem di Indonesia juga diperbesar oleh beberapa kondisi atmosfer lainnya.

Guswanto mengungkapkan, cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia juga dipengaruhi fenomena Gelombang Rossby dan Gelombang Kelvin yang aktif di beberapa wilayah Indonesia.

Selain itu, pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) juga dapat meningkatkan konvektivitas di atmosfer dan potensi pertumbuhan awan hujan.

Oleh karena itu, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang bisa disertai kilat atau petir maupun angin kencang berpotensi terjadi mulai 25 Oktober 2021 hingga 30 Oktober 2021.

Baca juga: Kapan Musim Hujan 2021? Simak Prediksi dari BRIN

Berikut ini daftar wilayah yang harus waspada terhadap potensi hujan lebat dan angin kencang:

1. Aceh

2. Sumatra Utara

3. Sumatra Barat

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com