Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Wilayah Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini waspada potensi cuaca ekstrem selama pekan ini.

Peringatan tersebut disampaikan setelah BMKG berhasil mendeteksi dua bibit siklon tropis.

BMKG melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) memantau dua bibit siklon tropis yang tumbuh di Belahan Bumi Utara (BBU) Indonesia.

Dua bibit siklon tropis yang terdeteksi oleh BMKG itu adalah bibit siklon tropis 98W dan bibit siklon tropis 99W.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (25/10/2021), Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto MSi mengatakan, kedua bibit siklon tropis itu bergerak ke arah Utara-Barat Laut menjauhi wilayah Indonesia.

"Bibit Siklon 98W dan 99W bergerak ke arah Utara-Barat Laut menjauhi wilayah Indonesia dan diprakirakan intensitas keduanya meningkat dalam 24 jam ke depan," ujar Guswanto.

Kedua bibit siklon tropis itu juga secara tidak langsung berdampak terhadap cuaca di Indonesia, seperti hujan intensitas sedang hingga lebat dan gelombang tinggi yang bisa mencapai ketinggian 4 meter di sejumlah perairan Indonesia.

Guswanto menambahkan, selain dampak tidak langsung dari kedua bibit siklon tropis, risiko terjadinya cuaca ekstrem di Indonesia juga diperbesar oleh beberapa kondisi atmosfer lainnya.

Guswanto mengungkapkan, cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia juga dipengaruhi fenomena Gelombang Rossby dan Gelombang Kelvin yang aktif di beberapa wilayah Indonesia.

Selain itu, pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) juga dapat meningkatkan konvektivitas di atmosfer dan potensi pertumbuhan awan hujan.

Oleh karena itu, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang bisa disertai kilat atau petir maupun angin kencang berpotensi terjadi mulai 25 Oktober 2021 hingga 30 Oktober 2021.

Berikut ini daftar wilayah yang harus waspada terhadap potensi hujan lebat dan angin kencang:

1. Aceh

2. Sumatra Utara

3. Sumatra Barat

4. Riau

5. Kepulauan Riau

6. Jambi

7. Bengkulu

8. Sumatera Selatan

9. Kepulauan Bangka Belitung

10. Lampung

11. Banten

12. DKI Jakarta

13. Jawa Barat

14. Jawa Tengah

15. Jawa Timur

16. Kalimantan Barat

17. Kalimantan Tengah

18. Kalimantan Timur

19. Kalimantan Utara

20. Kalimantan Selatan

21. Sulawesi Barat

22. Sulawesi Tengah

23. Sulawesi Selatan

24. Sulawesi Tenggara

25. Sulawesi Utara

26. Gorontalo

27. Maluku Utara

28. Maluku

29. Papua Barat

30. Papua

Masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut dan sekitarnya diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi risiko bencana yang bisa terjadi akibat hujan intensitas sedang hingga lebat dan gelombang tinggi.

Meski begitu, masyarakat pun diminta untuk tetap tenang sambil terus memantau laporan analisis BMKG mengenai perkembangan potensi cuaca ekstrem dan risiko bencana yang ditimbulkannya.

(Penulis: Ellyvon Pranita | Editor: Bestari Kumala Dewi)

Sumber: KOMPAS.com

https://www.kompas.com/wiken/read/2021/10/30/173000781/daftar-wilayah-waspada-hujan-lebat-dan-angin-kencang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke