Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tempat Wisata Alam Cantik Jawa Barat Buka di Akhir Pekan

Kompas.com - 02/10/2021, 06:35 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Memasuki akhir pekan, Anda bisa mengunjungi 6 tempat wisata alam di Jawa Barat yang masuk dalam daftar 20 tempat wisata uji coba buka Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Obyek wisata itu tersebar di lima provinsi yaitu, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur.

Wisatawan yang sudah divaksin dan melakukan registrasi di aplikasi PeduliLindungi, bisa masuk dan berwisata ke tempat-tempat tersebut.

Selain itu, Anda diwajibkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan peraturan yang berlaku saat mengunjungi tempat wisata.

Ke tempat wisata alam mana saja Anda bisa pelesir di Jawa Barat?

Baca juga: Anak di Bawah 12 Tahun di Karawang Tak Boleh Masuk Tempat Wisata, Pengunjung Dibatasi 25 Persen

1. Kawah Putih Ciwidey

Ilustrasi Jawa Barat - Tempat wisata Kawah Putih di Kabupaten Bandung.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Jawa Barat - Tempat wisata Kawah Putih di Kabupaten Bandung.
Kawah Putih Ciwidey menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang mengikuti uji coba buka. Danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha ini berlokasi di Desa Alam Endah, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Wisatawan dapat menyaksikan danau dengan air berwarna putih kehijauan. Danau ini dikelilingi hutan yang menambah suasana alami.

Wisatawan dapat menjumpai dermaga yang dibangun menjorok ke arah danau dari tepian. Area dermaga kayu tepi danau ini menjadi salah satu spot foto kesukaan pengunjung.

Dari dermaga yang disebut Dermaga Ponton ini, Anda bisa menikmati pemandangan alam danau vulkanik yang mengeluarkan asap.

Titik foto favorit pengunjung di Kawah Putih Ciwidey lainnya adalah jembatan yang terbuat dari bambu dan tali tambang sepanjang 500 meter, Skywalk Cantigi.

Dari sini Anda dapat memandang hamparan Kawah Putih Ciwidey dari ketinggian. Wisatawan hanya perlu membayar kurang lebih sebesar Rp 11.000 per orang.

Jika Anda ingin menyaksikan matahari terbit atau sunrise dari atas bukit, Sunan Ibu merupakan spot yang tepat. Dari puncak bukit ini, wisatawan juga bisa menyaksikan pemandangan Kawah Putih yang dikelilingi hutan rimbun dan hijau.

Pintu masuk Sunan Ibu bisa dijangkau dengan berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit dari Kawah Putih. Wisatawan hanya perlu membayar Rp 11.000 per orang untuk memasuki kawasan ini.

2. Taman Safari Indonesia

Seekor Panda berada di areal kandang Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/2/2021). Takin bergabung sebagai keluarga besar TSI dari tahun 2017 bersamaan dengan sepasang Giant Panda yang berasal dari Tiongkok. Pengunjung dapat melihat satwa Takin di Istana Panda Indonesia yang berada pada ketinggian 1.417 mdpl di area TSI.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Seekor Panda berada di areal kandang Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/2/2021). Takin bergabung sebagai keluarga besar TSI dari tahun 2017 bersamaan dengan sepasang Giant Panda yang berasal dari Tiongkok. Pengunjung dapat melihat satwa Takin di Istana Panda Indonesia yang berada pada ketinggian 1.417 mdpl di area TSI.
Taman Safari Indonesia menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang mengikuti tahap uji coba buka bagi wisatawan.

Taman Safari Indonesia yang terletak di Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat ini menawarkan sejumlah aktivitas dan atraksi yang dapat dinikmati pengunjung. Seperti Safari Siang dan Istana Panda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com