Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadwal dan Link Streaming Piala AFF 2020, Laga Penentuan Indonesia Vs Malaysia

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Malaysia akan digelar di National Stadium, Singapura, hari ini, Minggu (19/12/2021), pukul 19.30 WIB.

Timnas Indonesia yang saat ini berada di puncak klasemen Grup B memiliki peluang lolos yang lebih besar ketimbang Malaysia.

Pasukan Garuda berhasil mengumpulkan 7 poin dari 3 laga di Grup B. Sementara Malaysia harus puas mengumpulkan 6 poin, hasil dari dua kali menang dan satu kali kalah.

Di sisi lain, Vietnam yang juga telah mengoleksi 7 poin dari 3 laga, akan menjalani pertandingan terakhir di Grup B melawan Kamboja.

Dengan kondisi tersebut, Indonesia sejatinya hanya perlu hasil imbang melawan Malaysia untuk memastikan tempat di semifinal. Kendati begitu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong enggan menganggap remeh pasukan Harimau Malaya.

“Memang banyak yang bicara Indonesia paling unggul di grup kami dan bisa lolos ke semifinal," ujar Shin Tae-yong.

"Tetapi, kita tidak tahu bagaimana situasi pertandingan bisa berubah. Saya sudah tegaskan kepada pemain agar tidak lengah."

Shin menuturkan, Timnas Indonesia akan berusaha melakukan yang terbaik di setiap pertandingan dengan mentalitas yang kuat.

"Jika mental diperkuat, pastinya bisa mendapatkan hasil yang bagus melawan Malaysia tim yang lebih bagus," tuturnya menjelaskan.

Di sisi lain, pelatih Timnas Malaysia Tan Cheng Hoe, tidak menampik tekanan yang dihadapi timnya lebih besar jelang laga kontra Indonesia.Namun, Tan Cheng Hoe juga menilai ini adalah tantangan bagi skuad Harimau Malaya.

Untuk itu Ia mendorong anak asuhnya agar dapat menghadapi tekanan tersebut dengan kuat dan fokus demi hasil terbaik.

"Ini akan menjadi tantangan dan para pemain harus bangkit untuk menghadapinya," kata Tan Cheng Hoe.

"Mereka harus menghadapi tekanan dan tim Indonesia berbeda (karena pelatih dan pemain baru), tetapi kami harus memainkan permainan kami dan fokus pada kerja tim serta spirit dalam skuad. "

Bayang-bayang hasil buruk di Piala AFF 2012

Indonesia bukan kali pertama berhadapan dengan Malaysia di laga penting Piala AFF. Kedua tim pernah bertemu di babak semi final hingga final.

Namun ada satu memori buruk bagi Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Malaysia di fase grup Piala AFF. Peristiwa itu terjadi pada laga penentuan di Grup B Piala AFF 2012.

Saat itu, Indonesia yang telah mengoleksi empat poin, hasil dari satu kemenangan dan satu hasil imbang, hanya butuh hasil seri saat berhadapan dengan Malaysia guna lolos ke babak semi final.

Namun, malang tak bisa ditolak. Timnas Indonesia yang kala itu dilatih Nil Maizar, malah kalah dua gol tanpa balas dari Harimau Malaya.

Kekalahan itu membuat Indonesia berakhir di peringkat ketiga Grup B Piala AFF 2012 dengan koleksi empat poin.

Sementara, Singapura dan Malaysia lolos bersama ke semifinal. Singapura bahkan bisa melaju ke final dan menang 3-2 secara agregat atas Thailand untuk memastikan diri sebagai juara.

Melihat kenangan buruk tersebut, Timnas Indonesia tentu tidak boleh lengah ketika menghadapi Malaysia malam nanti. Timnas Indonesia harus bisa mengambil "kemudahan" pada laga melawan Malaysia untuk memastikan tiket semifinal Piala AFF 2020.

Link streaming Indonesia vs Malaysia

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Malaysia akan disiarkan langsung di stasiun televisi RCTI pukul 19.30 WIB. Selain itu, laga ini juga bisa disaksikan melalui layanan streaming online dengan cara mengakses link berikut Ini.

(Sumber:Kompas.com/Celvin Moniaga Sipahutar | Editor: Firzie A. Idris)

https://www.kompas.com/wiken/read/2021/12/19/160000581/jadwal-dan-link-streaming-piala-aff-2020-laga-penentuan-indonesia-vs

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke