Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Tempat-tempat Terdalam yang Ada di Dunia

Mulai dari itu lubang terdalam hingga palung terdalam di dunia. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah tempat-tempat terdalam yang ada di dunia.

Yang pertama adalah sebuah lubang di Murnmansk, Rusia. Lubang ini kecil, hanya memiliki diameter sebesar 23 cm.

Namun, kedalaman lubang yang diberi nama Kola Superdeep Borehole ini mencapai 12.262 meter di bawah permukaan Bumi. Ini menjadikan Kola Superdeep Borehole sebagai lubang terdalam di Bumi.

Lubang ini juga dijuluki sebagai “sumur neraka”. Diameternya yang sangat kecil, membuat lubang ini tidak mungkin dimasuki oleh Manusia.

Diperkirakan untuk mencapai dasarnya dibutuhkan waktu hingga 20 tahun. Penggalian lubang ini semula dimaksudkan untuk mencapai kedalaman 14.500 meter, namun para ilmuwan dan insinyur harus menyerah ketika mereka mencapai suhu tinggi yang tak terduga.

Pada kedalaman 12.626 meter, terdapat batuan berusia 2,7 miliar tahun yang memiliki suhu sekitar 180 derajat celcius. Pengeboran terakhir Kola Superdeep Borehole terjadi pada tahun 1992.

Berapa kedalaman dasar laut? Hal itu mungkin jadi pertanyaan banyak orang. Salah satu titik terdalam yang terdapat di laut ada di Palung Mariana.

Terletak di Samudera Pasifik bagian barat, Palung Mariana berbentuk cekungan melengkung dan membentang sejauh 1.580 mil atau sekitar 2.540 kilometer. Palung ini memiliki ukuran lebar sekitar 43 mil atau setara dengan 69 kilometer.

Dikutip dari National Geographic, titik terdalam pada Palung Mariana terletak di Challenger Deep. Kedalaman Palung Mariana mencapai 36.201 kaki atau 11.304 meter.

Sebagai pembanding, apabila gunung tertinggi di muka bumi, Gunung Everest diposisikan di Palung Mariana, puncak tertinggi gunung itu masih tetap berada di kedalaman tujuh ribu kaki atau 2.133 meter di bawah permukaan air laut.

Diperkirakan ada lebih dari 200 mikroorganisme laut dan makhluk kecil yang bisa hidup di kedalaman Palung Mariana.

Sungai terdalam di dunia adalah Sungai Kongo. Sesuai namanya, sungai ini terletak di Republik Kongo. Namun bukan berarti Sungai Kongo ini hanya mengalir di negara tersebut.

Sungai ini memiliki aliran yang panjang, bahkan sampai melintasi sembilan negara di wilayah Afrika Barat-Tengah.

Sungai terdalam di dunia ini memiliki kedalaman hingga 220 meter. Karena kedalamannya tersebut, sungai ini tak dapat ditembus oleh cahaya.

Perairan yang sangat luas ini menyediakan makanan, air, dan transportasi bagi sekitar 75 juta orang di sekitarnya.

Danau merupakan daerah perairan yang terbentuk secara alami, dikelilingi daratan, dan terletak di cekungan.

Meski alirannya tidak sebesar sungai atau laut, nyatanya ada danau yang memiliki kedalaman ratusan hingga 1.000-an meter.

Danau terdalam di dunia adalah Danau Baikal yang terletak di Siberia. Kedalaman danau ini mencapai 1.620 meter.

Danau Baikal juga merupakan danau air tawar tertua di dunia yang diperkirakan usianya 20 juta hingga 25 juta tahun.

Danau Baikal menjadi habitat bagi sejumlah besar spesies hewan dan tumbuhan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Salah satu yang paling populer adalah anjing laut Baikal atau nerpa, satu-satunya spesies anjing laut yang hidup secara eksklusif di habitat air tawar.

Gua terdalam di dunia terletak di Massif Arabika, Abkhazia, wilayah Georgia. Gua tersebut yakni Gua Verëvkina atau Veryovkina

Kedalaman Gua Veryovkina mencapai 2.212 meter. Dilansir dari ZME Science, Gua Veryovkina pertama kali ditemukan oleh ahli speleologi Soviet pada tahun 1969.

Di tahun 2017, sebuah ekspedisi yang dilakukan sejumlah peneliti akhirnya berhasil mencapai kedalaman hingga 2.212 meter. Butuh waktu empat hari bagi para anggota ekspedisi untuk mencapai kedalaman tersebut.

(Sumber:Kompas.com/Lulu Lukyani, Vanya Karunia Mulia Putri | Editor: Lulu Lukyani, Serafica Gischa)

https://www.kompas.com/wiken/read/2021/11/27/163500681/deretan-tempat-tempat-terdalam-yang-ada-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke