Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Kotoran Telinga yang Benar Menurut Dokter THT

Paling sering, kebanyakan orang menggunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran telinga.

Memang itu adalah cara yang umum dan berkesan tidak mengandung bahaya.

Namun perlu diingat, telinga merupakan organ tubuh penting bagi pendengaran.

Telinga terbagi menjadi 3 bagian yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam. Untuk menjaga organ pendengaran maka kebersihannya juga harus dijaga.

Berikut penjelasan fungsi kotoran telinga dan cara membersihkan kotoran telinga oleh pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair), dokter Rosydiah Rahmawati, Sp.THT-KL(K), dikutip dari laman Unair, Jumat (29/10/2021).

Fungsi kotoran telinga

Menurut ilmu kesehatan, kotoran telinga tidak hanya memiliki dampak negatif tetapi juga memberikan dampak positif.

Kotoran telinga yang diproduksi sejak manusia lahir ini bersifat fisiologis.

"Kotoran telinga sangat berguna untuk melindungi telinga agar tidak kemasukan benda asing, kemasukan hewan, serta menjaga kelembaban telinga sehingga tidak mudah terjadi infeksi pada liang telinga," kata Rosydiah.

"Jadi tubuh kita ada mekanisme, kalau kotoran banyak dia akan mengeluarkan sendiri dengan pergerakan rahang dan rambut-rambut di liang telinga," imbuhnya.

Cara membersihkan telinga

Mekanisme pengeluaran kotoran telinga oleh pergerakan rahang dan rambut liang telinga merupakan cara membersihkan telinga secara alami.

Lalu bagaimana jika telinga terlanjur terasa amat gatal dan mengganggu?

Menurut dokter Rosydiah, ada beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum membersihkan kotoran telinga sendiri.

1. Risiko menggunakan cotton bud

Rosydiah mengatakan, membersihkan telinga dengan cotton bud tidak dilarang, namun memerlukan kehati-hatian menurut jenis kotorannya.

Sebenarnya kotoran telinga itu, kata dia, berada di sisi luar. Nah, terkadang gerakan membersihkan dengan cotton bud itu justru bisa mendorong kotoran malah masuk ke dalam.

Hal itulah yang dikhawatirkan.

"Jika kotorannya hanya sedikit kemudian lembek dan dibersihkan hanya di luar itu tidak masalah. Tapi kalau kotorannya produksi banyak, besar, keras, dan cenderung bertumpuk maka kalau dibersihkan sendiri dengan cotton bud justru malah kedorong masuk," terangnya.

2. Obat tetes telinga harus dengan resep dokter

Tak hanya itu saja, penggunaan obat tetes telinga yang dijual di pasaran menjadi salah satu cara untuk membersihkan telinga.

Namun Rosydiah menegaskan bahwa memang terdapat obat tetes telinga yang dapat digunakan untuk melunakkan kotoran tetapi harus diresepkan oleh dokter spesialis THT-KL atau dokter umum.

"Karena kalau masyarakat beli sendiri tanpa resep dokter, terkadang tidak tepat," tuturnya.

3. Rutin cek kotoran telinga ke dokter spesialis THT

Konsultan THT-KL bidang Otologi itu juga menambahkan, kondisi liang telinga setiap orang berbeda. Maka untuk membersihkannya secara aman, seseorang disarankan untuk pergi ke dokter spesialis THT-KL.

Adapun jangka waktu untuk membersihkan telinga adalah 1 kali dalam seminggu jika kotoran telinga sedikit serta memiliki kandungan minyak yang banyak sehingga konsistensinya lunak dan bisa dilakukan secara mandiri dengan hati-hati.

Apabila kotoran telinga banyak dan menumpuk sehingga menutup liang telinga, maka Anda disarankan membersihkannya 6 bulan sekali di dokter THT-KL.

"Mungkin ada kalanya lebih baik dibersihkan ke dokter THT supaya mengetahui kondisi kotoran dan liang telinga. Sehingga tau bagaimana selanjutnya apakah bisa dibersihkan sendiri atau memang harus ke dokter THT untuk membersihkan kotoran telinga," ungkapnya.

Rosydiah berpesan kepada masyarakat agar tidak merasa cemas akan kotoran yang ada di telinga.

Sebab kotoran telinga itu bukan sesuatu yang menakutkan, akan tetapi sesuatu yang fisiologis yang banyak fungsinya untuk liang telinga.

"Pada kondisi tertentu memang jumlahnya banyak jadi bisa periksa ke dokter THT untuk memastikan bentuk, jumlah kotoran, dan cara penanganannya," tandasnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Albertus Adit)

https://www.kompas.com/wiken/read/2021/11/06/070500381/cara-membersihkan-kotoran-telinga-yang-benar-menurut-dokter-tht

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke